Pesan Rahbar

Home » » Setidaknya 10 Orang Tewas ketika Jet Turki Membom Irak utara

Setidaknya 10 Orang Tewas ketika Jet Turki Membom Irak utara

Written By Unknown on Saturday 21 May 2016 | 18:18:00

Jet tempur Turki.

Jet tempur Turki telah membombardir daerah di tenggara Turki dan di utara Irak, menewaskan sedikitnya 10 orang, sumber-sumber keamanan Turki mengatakan.

Menurut sumber, para korban serangan udara pada Rabu (18/5/16) di provinsi Turki Hakkari dan di Irak utara adalah militan anggota kelompok Partai Pekerja Kurdistan (PKK).

Ankara telah melakukan operasi besar-besaran terhadap PKK di wilayah perbatasan selatan dalam beberapa bulan terakhir. Militer Turki juga telah menggempur posisi kelompok itu di Irak utara.

Operasi mulai di bangun sejak pemboman pada Juli 2015 di kota selatan Turki Suruc. Lebih dari 30 orang tewas dalam serangan itu. Pemerintah Turki menyalahkan serangan itu pada kelompok teroris Takfiri ISIS.

Setelah peristiwa pemboman, Militan PKK, menuduh pemerintah di Ankara mendukung ISIS dalam serangkaian serangan balasan terhadap polisi Turki dan pasukan keamanan, hingga mendorong operasi militer Turki.

Gencatan senjata antara Ankara dan PKK telah dibangun sejak 2013 namun dinyatakan batal oleh militan setelah militer Turki menyerang kelompok tersebut.

PKK telah berjuang untuk wilayah otonomi Kurdi di Turki tenggara sejak 1984. Konflik tersebut telah menewaskan lebih dari 40.000 orang. []

(Mahdi-News/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: