Pesan Rahbar

Home » » Bentuk Keadilan Pemerintahan Mahdawi bagi Manusia

Bentuk Keadilan Pemerintahan Mahdawi bagi Manusia

Written By Unknown on Friday 22 July 2016 | 11:12:00


Lembaga dan kinerja ekonomi pasar modal dunia selain tidak memberikan keadilan ekonomi tetapi juga memenuhi dunia dengan kefakiran dan kesenjangan sosial. Satu-satunya jalan keluar tersebut hanyalah keadilan ekonomi Mahdawi.


Artikel ini merupakan bagian pertama dari catatan Hujjatul Islam Naser Jahanian, anggota Lembaga ilmu budaya dan pemikiran islam dengan judul "Membangun dunia, keadilan ekonomi dan Mahdawiah"

1. Keadilan dunia dan mahdawiyat

Dalam hadits nabawi “Allah swt akan memenuhi dunia dengan keadilan seperti sebelumnya dunia telah dipenuhi dengan kezaliman”. Hadits ini terdapat di banyak kitab dengan riwayat sunni dan syiah juga merupakan mutawatir atau mendekati mutawatir.

Islam tidak hanya menganjurkan keadilan dan penerapannya akan tetapi Islam juga mengangkat derajatnya serta menjadikannya tujuan utama dalam tingkatan daerah, masyarakat dan dunia.

Akan tetapi demi mewujudkan keadilan di dunia maka hal ini bergantung pada kesiapan dunia tersebut serta pemimpinnya. Salah satu hal yang menunjukkan kesiapan dunia adalah terpuruknya komunis dan semacamnya.


2. Keadilan ekonomi mahdawi

Terdapat banyak hadits yang menyebutkan terkait kesejahteraan ekonomi dan sosial di masa hadirnya imam Mahdi as yang mana keadilan ekonomi ini mencakupi kehidupan individu dan sosial manusia. Imam ali as dalam salah satu haditsnya menyebutkan bahwa jika umat manusia mematuhi imam mahdi as maka mereka akan dihantarkan pada kepemerintahan Rasulullah saww. Kesejahteraan hingga tingkatan ini merupakan anugerah Ilahi yang hanya dapat diwujudkan oleh imam Mahdi as.

(Shabestan/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: