Pesan Rahbar

Home » » Dekatkan Riyadh dan Tel Aviv, Eks Jenderal Saudi Kunjungi Israel

Dekatkan Riyadh dan Tel Aviv, Eks Jenderal Saudi Kunjungi Israel

Written By Unknown on Saturday 23 July 2016 | 18:03:00

Eks jenderal Saudi, Anwar Eshki (berdasi lurik) bersama delegasi bertemu para pejabat dan politisi Israel. (Foto: N/A)

Eks jenderal Saudi, Anwar Eshki melakukan kunjungan tidak biasa ke Israel dan bertemu pejabat Kementerian Luar Negeri Israel serta para anggota parlemen negara Yahudi tersebut. Para politisi Israel yang ikut dalam pertemuan itu mengatakan misi eks jenderal Saudi untuk mendekatkan Riyadh dengan Tel Aviv.

Pertemuan berlangsung pekan ini. Pejabat Israel yang hadir dalam pertemuan adalah Direktur Jenderal Kementerian Luar Negeri; Dore Gold, dan pejabat Koordinator Kegiatan Pemerintah; Mayor Jenderal Yoav Mordechai.

Eshki tidak sendirian. Dia memimpin delegasi akademisi Saudi dan para pebisnis untuk ikut melakukan pertemuan dengan sekelompok anggota Knesset (parlemen) Israel untuk mendorong dialog Inisiatif Perdamaian Arab. Saudi selama ini menginginkan insiatif itu menjadi solusi untuk mengakhiri konflik Israel dan Palestina.

Eshki pernah bertugas sebagai pejabat senior di Kementerian Pertahanan dan Kementerian Luar Negeri Saudi dan saat ini memimpin sebuah lembaga penelitian. Tidak jelas seberapa dekatnya dia dengan pejabat di pemerintah Riyadh dan Istana.

Kunjungan Eskhi bukan kunjungan resmi, namun itu salah satu kunjungan yang tidak biasa. Sebab, Eshki tidak bisa melakukan perjalanan ke Israel tanpa persetujuan dari Pemerintah Saudi.

Pertemuan diselenggarakan oleh anggota parlemen Israel dari Partai Meretz; Esawi Freige di sebuah hotel di Yerusalem. Tiga politisi Israel lain yang ikut hadir adalah Michal Rozin, Ksenia Svetlova dan Omer Bar-Lev.

Freige, Svetlova dan Rozin dalam wawancara dengan media Israel Haaretz, mengatakan bahwa Eshki dan delegasi yang dia pimpin berusaha untuk bertemu dengan anggota parlemen Israel guna mendorong dialog di Israel tentang Inisiatif Perdamaian Arab. Mereka mengusulkan agar Eshki mengundang anggota parlemen Israel yang mendukung inisiatif itu untuk melakukan pertemuan di Arab Saudi.

”Saudi ingin terbuka pada Israel,” kata Freige. ”Ini merupakan langkah strategis bagi mereka. Mereka mengatakan mereka ingin melanjutkan apa yang mantan Presiden Mesir Anwar Sadat mulai. Mereka ingin lebih dekat dengan Israel. Hal ini jelas terlihat,” lanjut dia, yang dikutip dari Haaretz, Sabtu (23/7/2016).

Pemerintah Arab Saudi hingga kini belum mengkonfirmasi kunjungan mantan jenderalnya itu ke Israel.

(Haaretz/Sindo-News/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: