Pesan Rahbar

Home » » Iran Telah Persiapkan Diri Kembali ke Priode Pra Embargo

Iran Telah Persiapkan Diri Kembali ke Priode Pra Embargo

Written By Unknown on Sunday 24 July 2016 | 17:06:00


Ali Akbar Salehi, kepala Badan Energi Atom Iran, mengutarakan Iran akan menandantangi kesepakatan penjualan 40 ton air berat kepada Rusia dalam waktu dekat ini.

“Kami juga telah melakukan perundingan untuk menjual dua paket 10 hingga 15 ton kepada dua negara Eropa,” ujar Salehi kepada wartawan hari ini.

Salehi juga memberitakan penjualan produk nuklir Iran juga akan menjamah pasar di 27 negara anggita Uni Eropa, Rusia, China, India, Kores Selatan, dan Jepang. “Dalam kunjungan terakhir ke Prancis, saya telah melakukan persiapan-persiapan yang diperlukan supaya Iran bisa bergabung dengan proyek ini,” ujarnya.

Salehi sangat optimis bahwa generasi muda Iran sudah bisa berdiri di atas kaki sendiri dalam proyek nuklir. Dalam 30 atau 40 tahun mendatang, proyek ini sudah bisa mencapai periode perdagangan sehingga Iran tidak akan pernah lagi bergantung kepada negara lain.

Salehi mengaku Iran dan Prancis telah mencapai kesepakatan kerja sama secara terpisah dalam bidang fusi nuklir. Dari sejak beberapa hari lalu, 6 orang ahli fusi nuklir Prancis telah berkunjung ke Tehran dan sekarang sedang melakukan pertemuan-pertemuan penting dengan para ahli nuklir Iran.

Menurut Salehi, fusi nuklir adalah proyek paling fundamental dalam pengetahuan nuklir. Dengan dukungan Pemerintah Iran, rakyat Iran akan menyaksikan banyak kemajuan di bidang ini.

Sehubungan dengan kemungkinan pelanggaran kesepakatan nuklir, Salehi menekankan, Iran telah mempersiapkan segala sesuatu untuk kembali ke periode pra kesepakatan nuklir apabila kesepakatan ini dilanggar.

(Shabestan/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: