Pesan Rahbar

Home » » Keamanan dan Intizhar, Dua Hal yang Tak Terpisahkan

Keamanan dan Intizhar, Dua Hal yang Tak Terpisahkan

Written By Unknown on Friday 22 July 2016 | 11:56:00


Allah swt menyebutkan bahwa salah satu tujuan didirikannya pemerintahan orang-orang saleh ialah untuk mewujudkan keamanan umat manusia, dan Dia juga berjanji dengan segera bumi ini akan berada di bawah pemerintahannya, dan mereka akan mengganti ketakutan dengan keamanan.

Pembahasan mahdawiyat juga seperti pembahasan lainnya, yakni memiliki banyak kata-kata khusus, oleh karena itu, dengan segala keterbatasan yang ada kami akan berusaha menjelaskannya.

Keamanan dalam bahasa Persia bermakna, beriman, dalam keadaan aman, tidak takut, dan menyingkirkan ketakutan. Dan dalam bahasa Arab maknanya lebih banyak lagi. Namun menurut ahli bahasa “keamanan” bermakna ketentraman, nyaman, dan tidak tegang.

Dalam Al-qur’an Allah swt berfirman “Allah telah menjanjikan kepada orang-orang beriman di antara kamu dan yang mengerjakan kebajikan, bahwa dia sungguh akan menjadikan khalifah di bumi untuk mereka, sebagaimana menjadikan khalifah bagi orang-orang sebelum mereka. Dan sungguh Dia akan meneguhkan bagi mereka dengan agama yang telah Dia ridhai. Dan Dia benar-benar akan mengubah keadaan mereka, setelah berada dalam keadaan ketakutan menjadi aman sentosa”.

Selain itu, dalam riwayat-riwayat Imam Makshum as poin ini juga dijelaskan sebagaimana Qur’an, di mana setiap keamanan berakar pada keimanan dan keyakinan spiritual dan ilahi, dan setiap bentuk ketidak amanan pada akhirnya akarnya ialah ketidak imanan,mdan sifat-sifat lainnya seperti syirik, kekufuran, kezhaliman, arogansi dan lain sebagainya.

(Shabestan/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: