Pesan Rahbar

Home » » Bukankah Anda Akui Bahwa Amirul Mukminin Ali bin Abi Thalib as. Berkata Didiklah Anak-anak Kalian Untuk Masa Depan?

Bukankah Anda Akui Bahwa Amirul Mukminin Ali bin Abi Thalib as. Berkata Didiklah Anak-anak Kalian Untuk Masa Depan?

Written By Unknown on Friday 30 September 2016 | 21:07:00


Bukankah Anda akui bahwa Amirul Mukminin Ali bin Abi Thalib as. berkata Didiklah anak-anak kalian untuk masa depan? Dan bukankah itu pertanda bahwa undang-undang Islam harus berubah-ubah sesuai dengan tuntutan ruang dan waktu?


Jawaban:

Status hadis yang dimuat oleh kitab Nahj al-Balaghoh ini mursal; silsilah periwayatnya terputus dan langsung saja dialamatkan kepada Amirul Mukminin Ali as., kemudian maksud hadis ini adalah pendidikan anak tidak tepat jika dibangun atas dasar tradisi dan adat istiadat kontemporer, sebab kebekuan dalam tradisi dan adat istiadat kontemporer membuat seseorang terhalang dari berbagai perkembangan hidup, contohnya orang yang terbiasa bepergian dengan jalan kaki atau mengendarai kuda dan keledai dan merasa puas hanya dengan itu maka dia tidak akan pernah berpikir inovatif, mengendarai mobil, meratakan tanjakan dan turunan jalan serta mengaspalnya.

Hadis ini bukan berarti jangan didik anak-anak kalian menjadi orang yang komitmen terhadap undang-undang syariat yang menurut nash terbukti tidak mungkin berubah. Kalau memang hadis itu berarti seperti demikian maka terpaksa kita harus menolaknya; karena ada hadis yang pasti dari Rasulullah saw. dan imam-imam as. yang menegaskan bahwa kita harus menolak semua hadis yang berlawanan dengan al-Qur’an. Itulah sebabnya, pada tahap pertama setiap hadis harus diukur dengan al-Qur’an dan jika tidak berlawanan maka statusnya diterima.


Penerjemah: Nasir Dimyati


Referensi:

1. Pada tahun 1383 hijriah qamariah ada beberapa ilmuwan Iran yang berdomisili di New York AS. mengirimkan berbagai soal-soal mereka yang beragam di bidang keislaman kepada Ustadz Allamah Husein Thaba’ Thaba’i, dan beliau menjawab semua soal-soal itu dan mengirimkannya dalam satu paket jawaban kepada mereka. Dan ini adalah salah satu soal-jawab tersebut.

(Sadeqin/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: