Pesan Rahbar

Home » » Khutbah Imam Ali as Tentang Peristiwa yang Akan Datang

Khutbah Imam Ali as Tentang Peristiwa yang Akan Datang

Written By Unknown on Wednesday 7 September 2016 | 13:15:00


Imam Ali as dalam khutbah-khutbah, surat-surat dan hikmah-hikmah banyak membahas tentang berbagai tema, yang salah satunya ialah tentang pengikut Imam Zaman afs.

Dalam khutbah ke 150 sebagaimana yang tertulis dalam kitab Nahjul Balagah, Imam Ali bin Abi Thalib as mengisyaratkan tentang peristiwa-peristiwa yang akan terjadi di masa nanti dan mendeskripsikan ciri-ciri dari golongan yang sesat, yang di antaranya ialah :

Mereka ke kanan dan ke kiri menerobos ke jalan-jalan kejahatan dan meninggalkan jalan-jalan petunjuk. Janganlah terburu-buru untuk suatu hal yang akan terjadi dan yang ditunggu, dan jangan berhasrat untuk menangguhkan apa yang akan dibawa hari oleh esok bagi Anda. Karena, berapa banyak manusia yang terburu-buru untuk suatu hal tetapi setelah mereka mendapatkannya mereka mulai menginginkan kiranya mereka tidak mendapatkannya.


Ketika Allah mengambil Nabi (kepada-Nya), sekelompok orang kembali lagi kepada jalan-jalan mereka. Jalan-jalan (kesesatan) itu meruntuhkan mereka, dan mereka mendapatkan kepercayaan kepada para penggoda yang penipu, menunjukkan tenggang rasa kepada yang selain kerabat, dan meninggalkan kerabat yang diperintahkan untuk mereka cintai, dan meng-geser bangunan dari fondasinya yang kuat lalu membangunnya di tempat lain dari (yang semestinya).

Mereka adalah sumber segala kekurangan dan pintu dari para peraba dalam gelap. Mereka bergerak kesana kemari dalam keheranan dan terbaring mabuk di jalan kaum Fir'aun. Mereka cenderung kepada dunia ini dan mengambil dukungan atasnya, atau jauh dari keimanan dan menyingkir darinya.

(Shabestan/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: