Pesan Rahbar

Home » » Al-Hasyad Al-Sya‘bi Siap Mulai Serang ISIS di Barat Mosul

Al-Hasyad Al-Sya‘bi Siap Mulai Serang ISIS di Barat Mosul

Written By Unknown on Saturday 29 October 2016 | 21:18:00


Juru bicara Al-Hasyad Al-Sya‘bi Iraq menyatakan kesiapan pasukan untuk mulai menyerang posisi-posisi kelompok teroris ISIS di kawasan Tel Afar.

Dilansir Russia Al-Yawm kemarin, pernyataan kesiapan Al-Hasyad Al-Sya‘bi tersebut ditegaskan oleh Ahmad Al-Asadi, juru bicara Al-Haysyad Al-Sya‘bi, dengan tujuan untuk memberikan bantuan kepada pasukan militer Iraq dalam merebut kembali kota tersebut dari tangan kelompok teroris ISIS.

“Operasi ini mungkin akan dimulai dalam beberapa hari, atau malah dalam beberapa jam mendatang,” ujar Al-Asadi.

Menurut laporan Reuters, Al-Hasyad Al-Sya‘bi telah menuntaskan persiapan-persiapan untuk bergerak dari pangkalan Qayarah yang terletak di selatan Mosul menuju Tel Afar yang merupakan pangkalan pertahanan ISIS di barat Mosul.

Komandan Al-Hasyad Al-Sya‘bi sebelum ini pernah menyatakan siap untuk membantu pasukan militer Iraq dalam operasi pembebasan kota Mosul dari cengkeraman ISIS.

Untuk diketahui, operasi pembebasan kota Mosul telah dimulai dari sejak 17 Oktober lalu. Sekitar lebih dari 25 ribu personel pasukan Iraq berpartisipasi aktif dalam operasi ini. Mereka terdiri dari militer Iraq, Al-Hasyad Al-Sya‘bi, pasukan etnis Iraq, dan Pisymerga. Operasi ini juga didukung oleh serangan udara Koalisi Internasional.

Menurut pengakuan para petinggi Iraq, operasi berjalan sangat lancar dan gerak laju pasukan Iraq lebih cepat dari prediksi sebelum ini.

Selama operasi pembebasan Mosul berlangsung dalam beberapa hari ini, banyak kawasan Mosul yang telah berhasil dibebaskan dan banyak pula militan ISIS yang musnah. Kini harapan utama terletak pada pembebasan pangkalan utama ISIS yang teletak di Tel Afar.

(Russia-Al-Yawm/Reuters/Shabestan/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: