Pesan Rahbar

Home » » Kesamaan Imam Zaman afs dengan Anbiya Menurut Imam Sajjad as

Kesamaan Imam Zaman afs dengan Anbiya Menurut Imam Sajjad as

Written By Unknown on Sunday 30 October 2016 | 04:28:00


Imam Sajjad as mengenai Imam Zaman afs pernah berkata “ia (Al-Mahdi) memiliki kesamaan dengan para Anbiya Ilahi as”.

Di antara kekhususan yang dimiliki Imam Makshum as ialah kemampuan mereka dalam mengetahui kejadian akhir zaman. Mereka semua dalam setiap kesempatan selalu mengisyaratkan tentang akhir zaman ini, mereka juga mengajarkan kepada kita tentang bagaimana menghadapi tantangan akhir zaman di masa gaibnya Imam Zaman afs.

Imam Ali Zainal ‘Abidin as dalam sebuah riwayatnya mengatakan bahwa pada hakikatnya pada masa gaibnya Imam Zama afs manusia akan tetap mendapatkan nikmat ilahi, sehingga ia mampu untuk menyelesaikan permasalahan agama dengan cara yang benar. Oleh karena itu kemampuan akal sangat diperlukan untuk mengenal Imam Zaman afs.

Dalam hadits lainnya Imam Sajjad as mengenai Imam Zaman afs pernah berkata “ia (Al-Mahdi) memiliki kesamaan dengan para Anbiya Ilahi as”. Dimana saat dikabarkan tentang kemunculan Imam Zaman afs, para pengikut agama lainnya mencari-cari penyelamat zamannya, karena di setiap agama pembahasan sang penyelamat juga ada, dan kemudian karena mereka melihat terdapat kesamaan antara Imam Zaman afs dengan nabi-nabi mereka maka mereka menyatakan bahwa Imam Mahdi afs adalah hujjah Ilahi yang hakiki, dan tidak ada alasan untuk tidak menerima Imam Zaman afs.

Di antara beberapa kesamaan Imam Zaman afs dengan para Nabi sebagaimana yang disebutkan Imam Sajjad as ialah Imam Zaman afs memiliki usia yang panjang seperti halnya nabi Nuh as, adapun kesamaan Imam afs dengan nabi Ibrahim as ialah mengenai tersembunyinya kapan dan dimana Imam Zaman afs dilahirkan seperti halnya nabi Ibrahim as, kemudian kesamaan Imam afs dengan nabi Musa as adalah dalam hal kegaiban sughra seperti halnya nabi Musa as mengalami gaib sughra juga.

(Shabestan/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: