Pesan Rahbar

Home » » OKI Dukung Arab Saudi Lawan JASTA

OKI Dukung Arab Saudi Lawan JASTA

Written By Unknown on Thursday 6 October 2016 | 19:15:00


Demi mendukung Arab Saudi, Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) menegaskan bahwa JASTA bertentangan dengan undang-undang internasional.

 
Menurut pernyataan resmi OKI, JASTA (Justice Against Sponsors of Terrorism Act) bertentangan dengan prinsip UUD dan undang-undang internasional yang telah bertahun-tahun dihormati oleh seluruh negara dunia. Undang-undang ini adalah dasar bagi “prinsip kekebalan negara-negara merdeka”.

OKI menegaskan, reaksi masyarakat internasional terhadap JASTA membuktikan supaya seluruh negara dunia berkomitmen terhadap undang-undang yang telah dilaksanakan selama ratusan tahun. Jelas tidak diperbolehkan sebuah negara memaksakan barometer yuridis yang diyakini atas negara lain guna melakukan tekanan ekonomi dan politik terhadap mereka. Hal ini bertentangan dengan prinsip permanen dalam undang-undang internasional dan hubungan antar negara.

Menurut OKI, JASTA akan membuka pintu lebar bagi kekacauan luas di arena hubungan internasional dan menggoncangkan kharisma undang-undang internasional. Dengan ini, JASTA akan membuka tangan negara-negara lain untuk mengesahkan undang-undang serupa dengan tujuan menjamin hukum mereka.

“Kondisi krisis dunia yang sekarang sedang kita jalan ini meniscayakan supaya seluruh negara dunia terutama negara-negara besar berkomitmen terhadap undang-undang internasional,” tukas OKI.

(Shabestan/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: