Pesan Rahbar

Home » » Operasi Pembebasan Barat Mosul Telah Dimulai

Operasi Pembebasan Barat Mosul Telah Dimulai

Written By Unknown on Sunday 30 October 2016 | 22:12:00


Operasi pembebasan kawasan barat Mosul telah dimulai dari tiga sisi. Ribuan pasukan Al-Hasyad Al-Sya‘bi berpartisipasi dalam operasi maha penting ini.

Dilansir Associated Press, menurut pengumuman yang ditegaskan oleh juru bicara Gerakan ‘Asha’ib Al-Haqq sebagai salah satu kelompok yang membentuk anggota Al-Hasyad Al-Sya‘bi, seluruh pasukan Al-Hasyad Al-Sya‘bi telah memulai operasi barat Mosul dengan tujuan membebaskan kawasan ini dan memutus jalur bantuan untuk ISIS.

Pasukan Al-Hasyad Al-Sya‘bi telah mulai menggempur posisi-posisi kelompok teroris ISIS di barat Mosul. Akan tetapi, mereka menekankan tidak akan memasuki kota yang dihuni oleh mayoritas Sunni ini.

Menurut pengakuan Ja‘far Al-Husaini, juru bicara Brigade Hisbullah, “Pasukan Al-Hasyad Al-Sya‘bi pada hari Sabtu kemarin telah bergerak menuju daerah Tel Afar bersama seluruh pasukan militer Iraq.”

Minggu lalu, Iraq menyaksikan operasi besar-besaran untuk membebaskan kota Mosul yang merupakan kota terbesar kedua di negara ini dari cengkeraman ISIS.

Sekitar 60 ribu personel militer, polisi, Al-Hasyad Al-Sya‘bi, dan Pisymerga Kurdi menyerang Mosul dari berbagai arah. Dalam beberapa hari terakhir, puluhan kota dan desa telah berhasil dibebaskan.

Haidar Al-‘Ibadi, Perdana Menteri dan komandan untuk seluruh angkatan bersenjata Iraq, telah mengumumkan pada hari Senin (17/10) bahwa operasi untuk membebaskan kota Mosul telah dimulai. Pasukan militer dan kepolisian nasional Iraq pun memasuki kota Mosul.

“Kita akan membasmi para militan ISIS. Kami akan mengembalikan kehidupan dan menegakkan stabilitas di kota Mosul. Tidak lama lagi kami akan berada di tengah kalian dan akan segera mengibarkan bendera Iraq di pusat kota Mosul serta seluruh kota dan desa di kawasan ini,” tukas Al-‘Ibadi menandaskan pada saat berpidato di saluran televisi nasional Iraq.

Al-‘Ibadi menekankan, “Banyak usaha sebelum ini dilakukan untuk mencegah operasi pembebasan kota Mosul ini. Akan tetapi, seluruh usaha ini gagal.”

(Associated-Press/Shabestan/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: