Pesan Rahbar

Home » » Studi: Usia Harapan Tertua Manusia 115 Tahun

Studi: Usia Harapan Tertua Manusia 115 Tahun

Written By Unknown on Sunday 9 October 2016 | 22:07:00


Setiap orang mendambakan dapat hidup lebih lama. Bahkan laporan menyebut manusia yang mendapat rekor tertua di dunia hidup hingga usia 122 tahun.

Adanya beberapa orang yang bisa hidup diatas 100 tahun menimbulkan pertanyaan, hingga usia berapa manusia bisa hidup di dunia.

Menurut sebuah analisis yang diterbitkan dalam jurnal Nature, tampaknya usia harapan hidup tertua masyarakat di dunia hanya mencapai 115 tahun.

Jan Vijg, ahli genetik di Albert Einstein College of Medicine di New York mengatakan bahwa kecil kemungkinan seseorang bisa hidup di atas usia maksimal tersebut, karena proses penuaan yang tak bisa dilawan tubuh.

Untuk mendapatkan temuan ini, peneliti menganalisis data rata-rata kematian dari database global. Selanjutnya mereka membandingkannya dengan kasus Jeanne Calment, lelaki asal Prancis yang memegang rekor kematian tertua hingga 122 tahun.

Hasil analisis peneliti menemukan bahwa kemungkinan seseorang hidup hingga mencapai 125 tahun sangat kecil yakni 1 berbanding 10.000 kasus. Oleh karena itu, peneliti menyimpulkan bahwa batas maksimal rata-rata kematian tertua hanya sampai usia 115 tahun.

Studi sebelumnya menemukan bahwa gaya hidup memainkan peran lebih besar dibanding faktor genetik yang mempengaruhi lama usia seseorang. Orang dengan gaya hidup sehat, cenderung memiliki harapan hidup yang lebih panjang.

Thomas Perls, profesor geriatri dari Boston University menyarankan agar seseorang mengubah pola makan mereka lebih sehat dann berolahraga secara teratur agar menunda risiko penyakit yang memperpanjang usia mereka.

(Fox-News/Mahdi-News/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: