Pesan Rahbar

Home » » Fidel Castro Meninggal Dunia Pada Usia 90 Tahun

Fidel Castro Meninggal Dunia Pada Usia 90 Tahun

Written By Unknown on Saturday 26 November 2016 | 14:50:00

Fidel Castro

April lalu, Fidel Castro saat berpidato pada hari terakhir kongres Partai Komunis dia mengakui usianya yang sudah senja. Namun konsep komunis Kuba menurutnya masih valid dan rakyat Kuba "akan berjaya".

Fidel Castro, mantan presiden dan pemimpin revolusi komunis Kuba, meninggal dunia pada Jumat malam, 25/11/16, pada usia 90 tahun, demikian menurut laporan BBC pada Sabtu, 26/11/16.

Pengumuman BBC tersebut tidak memberikan rincian lebih lanjut tentang informasi itu.

Fidel Alejandro Castro Ruz memerintah Kuba selama hampir setengah abad sebelum akhirnya menyerahkan kekuasaan kepada adiknya, Raul Castro, pada 2008.

Para pendukungnya memuji dia sebagai orang yang telah mengembalikan Kuba kepada rakyat dan idependensi. Namun para lawannya menuduh dia telah menekan oposisi secara brutal.

April lalu, Fidel Castro saat berpidato pada hari terakhir kongres Partai Komunis dia mengakui usianya yang sudah senja. Namun konsep komunis Kuba menurutnya masih valid dan rakyat Kuba "akan berjaya".

"Saya akan segera berusia 90 tahun," katanya, seraya menambahkan bahwa hal itu merupakan "sesuatu yang tidak pernah saya bayangkan".

"Saya akan segera menjadi seperti semua yang lain, "giliran kita semua akan datang", kata Fidel Castro.

Rakyat Kuba belum lama ini merayakan ulang tahun Castro yang ke-90 pada 13 Agustus lalu. Saat itu, ribuan warga turun ke jalan-jalan di ibukota Havana, dan menari-nari mengikuti alunan musik berirama Latin.

Dilahirkan pada 13 Agustus 1926, Castro merupakan anak seorang petani gula imigran dari Spanyol. Dia bergabung dengan Partai Rakyat Kuba tahun 1947. Dia kemudian merebut kekuasaan tahun 1959 dan mendirikan negara komunis dan merupakan penganut idiologi Marxisme. Castro juga dikenal sebagai tokoh organisasi non blok dan tetap mempertahankan idiologi komunis walaupun banyak negara komunis runtuh.

(BBC/Islam-Times/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: