Pesan Rahbar

Home » » Serangan Udara Saudi Tewaskan 14 Warga Sipil Yaman

Serangan Udara Saudi Tewaskan 14 Warga Sipil Yaman

Written By Unknown on Tuesday 31 January 2017 | 02:59:00

Puing-puing kendaraan yang menjadi target serangan udara Saudi terlihat dekat Sana’a, Yaman, pada 29 Desember 2016. (Foto: Reuters)

Pesawat-pesawat tempur Saudi telah menargetkan sebuah kendaraan sipil yang membawa 14 penumpang di provinsi Ta’izz barat daya Yaman, membunuh semua penumpangnya.

Korban yang hangus ditemukan setelah serangan udara Saudi Jumat (27/1 /17)

Secara keseluruhan serangan udara Saudi terhadap sasaran sipil dan infrastruktur perkotaan pada Jumat telah merenggut nyawa 30 orang dan melukai 10 lainnya di provinsi Ta’izz, Sana’a, dan provinsi Mareb.

Sebagai balasan, pasukan tentara Yaman melancarkan serangan rudal dan mortir ke posisi tentara bayaran Saudi di kota Maqbaneh di provinsi Ta’izz.

Pada hari Kamis, pasukan tentara Yaman, yang didukung oleh pejuang Ansarullah, mengusai lima pangkalan militer yang dijalankan oleh tentara bayaran Saudi di distrik al-Wazi’iyah provinsi Ta’izz dan menewaskan sejuk militan yang didukung Saudi.

Asap mengepul dibelakang bangunan menyusul serangan udara Arab Saudi di ibukota Yaman, Sana’a, 22 Januari 2017. (Foto: AFP)

Perang Arab Yaman, telah menewaskan sedikitnya 11.400 orang. Perang ini diluncurkan dalam upaya gagal untuk mengembalikan pemerintahan mantan sekutu Arab Saudi.

Perang Saudi juga telah menghancurkan fasilitas dan infrastruktur negara, juga menghancurkan rumah sakit, sekolah dan pabrik.

Stephen O’Brien, Wakil Sekjen Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk urusan kemanusiaan, Kamis memperingatkan situasi kemanusiaan yang mengerikan di Yaman setelah perang Arab yang hampir berusia dua tahun di negara Yaman. Dia mengatakan Yaman bisa menghadapi kelaparan tahun ini.

Jet Saudi juga membombardir distrik Salif di provinsi Hudaydah, menewaskan tiga warga sipil dan melukai tiga orang lainnya.

Di tempat lain, di provinsi utara Jawf, beberapa tentara bayaran Saudi tewas dan luka-luka pada hari Sabtu dalam sebuah operasi penyusupan ke distrik Maton. Sementara itu, media yang berafiliasi dengan tentara bayaran Saudi di Yaman telah melaporkan bahwa Angkatan Darat dan Angkatan Laut telah diterjunkan ke kota pelabuhan barat daya Mokha.

(Reuters/AFP/Mahdi-News/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: