Pesan Rahbar

Home » » Hijab, Tanda Peradaban dan Kesadaran Budaya

Hijab, Tanda Peradaban dan Kesadaran Budaya

Written By Unknown on Wednesday 1 March 2017 | 15:46:00


Dalam pandangan islam, hijab tidak hanya sebagai alat perias wanita saja namun hijab adalah suatu alat yang dapat melindungi kehormatan wanita di mana saja; keluarga, masayarakat bahkan dunia. Disamping itu, hijab juga tidak hanya sebagai lantaran wanita untuk membersihkan jiwa namun juga sebagai wasilah untuk lebih mendekatkan diri kepada Tuhannya.

Banyak dari masyarakat kita khususnya kaum lelaki yang apabila melihat seorang wanita tak berhijab atau berhijab namun tak sempurna, dengan mudahnya masuk ke dalam lembah kesyahwatan. Dan fungsi hijab disini juga merupakan temeng baik untuk lelaki atau pemakainya.

Dan karena beberapa alasan seperti diatas, islam mewajibkan adanya hijab. Dengan menggunkan hijab, para wanita lebih terjaga kehormatannya dan para lelaki lebih terjaga pandangannya.
Beberapa falsafah mengapa hijab menjadi keharusan untuk para wanita;
1. Fitrah wanita, dengan menggunakan hijab wanita memenuhi panggilan hati kecilnya untuk selalu menjaga dirinya dimanapun ia berada.
2. Mendapat kebebasan, jika dilihat secara tekstual maka yang kita temukan adalah hijab sebagai pengahalang wanita untuk berbuar semuanya, tapi ternyata penglihatan kita tertipu oleh gemerlapnya kehidupan. Jika para wanita memakai hijab ia lelbih leluasa melakukan apapun yang dimaunya karena tidak ada gangguan dari pihak yang ingin mencemarinya.
3. Meninggakatnya harga diri, Syahid Motahhari mengatakan “ setiap wanita yang apabila dalam perbuatannya lebih berhati-hati, maka harga dirinya lebih tinggi dari pada yang lainnya “.

(Shabestan/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: