Pesan Rahbar

Home » , » Makna Memberi Kebebasan Anak Hingga Usia 7 Tahun

Makna Memberi Kebebasan Anak Hingga Usia 7 Tahun

Written By Unknown on Monday 27 March 2017 | 21:32:00


Suksesnya orang tua mendidik anak dalam tahapan ini, bisa dijadikan pedoman bagaimana anaknya melanjutkan tahapan-tahapan kehidupan berikutnya.

Shabestan News Agency, dalam tahapan pendidikan anak, Rasulullah Saww bersabda “7 pertama adalah masa menjadi raja, 7 tahun kedua adalah masa untuknya taat dengan apa yang telah diperintahkan untuknya dan 7 tahun ketiga adalah masa dimana anak menjadi kawan dan teman beicara bagi orang tuanya.”

Masa pertama, adalah masa dimana anak menjadi raja dan berkuasa. Maksud dari itu semua adalah orang tua mengenalkan kasih sayang padanya. Karena kasih sayang adalah pondasi semuanya dalam kehidupan manusia.

Masa kedua yakni masa dimana anak harus mulai mengerti apa yang harus dia lakukan. Dalam masa ini juga anak harus mulai mengenal apa itu hal yang wajib dikerjakannya dan di larangnya. Disamping itu, orang tua juga harus mengajarkan ilmu pengetahuan kepadanya untuk bekal ketika dia sudah sampai di tahapan ke tiga.

Tahapan ketiga adalah suatu tahapan yang memang menjadi puncak dari segala tahapan. Suksesnya orang tua mendidik anak dalam tahapan ini, bisa dijadikan pedoman bagaimana anaknya melanjutkan tahapan-tahapan kehidupan berikutnya.

Dengan tahapan ini, anak yang sudah menginjak baligh sempurna harus tau secara sempurna juga, apa yang harus ia perbuat dalam kehidupannya. Tanggung jawab adalah salah satu hal yang paling prioritas dalam tahapan ketiga. Dalam tahapan ini juga anak mulai menjadi teman bicara untuk memecahkan masalah bagi orang tuanya.

(Shabestan/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: