Pesan Rahbar

Home » » Hukum Memakai Cincin dan Doanya

Hukum Memakai Cincin dan Doanya

Written By Unknown on Sunday 16 July 2017 | 17:08:00


Batu ali suka disebut batu mulia. Mengapa mulia? Sebab mereka sujud kepada Allah 'azza wa jalla, dan batu yang pertama-tama sujud kepada-Nya adalah batu 'Aqîq (Akik), maka batu akik adalah batu yang paling banyak keutamaannya yang antara lain jika dipakai akan menambah kewibawaan, orang akan segan kepada kita dan jika dibawa berdoa akan memperkuat atau mempercepat diijabahnya doa. Dan jika dipakai bisnis mesti ditambah dengan batu Firuz. Semua nabi dan para washinya memakai batu ali, dan bahkan salah satu ciri orang yang beriman adalah memakai cincin di jari kanannya.

Dimakruhkan memakainya di jari tengah sebab hal itu tradisi kaum Nabi Luth as yang dibinasakan dan dilarang mengenakannya di jari tangan kiri kecuali bila di jari kanan dipasang. Mu'awiyah di hadapan publik mengatakan bahwa dia mencopot kekhilafahan Ali sambil dia mencabut cincinnya dari jari kanan, lalu dipindahkannya ke jari kiri, maka sejak itu kaum muslim suka memakainya di jari kiri dan tidak mau memakainya di jari kanan.

Doa sebelum memakai cincin :

اَللّهُمَّ سَوِّمْنى بِسيماءِ الاْيمانِ وَ تَوّجْنى بِتاجِ الْكَرامةِ وَ قَلِّدْنى حَبْلَ الاِْسْلامِ وَلا تَخْلَعْ رِبْقَةَ الاْ يمانِ مِنْ عُنُقى

Allâhumma sawwimnî bisîmâ`il îmân, wa tawwijnî bitâjil karâmah, wa qallidnî hablal islâmi wa lâ takhla' ribqatal islâmi min 'unuqî.

(Ya Allah tandailah aku dengan tanda iman, mahkotailah aku dengan mahkota kemuliaan, dan ikatlah aku dengan tali Islam dan janganlah Engkau tanggalkan ikatan Islam dari leherku).

Dan cincin dari mas khusus bagi kaum perempuan, laki-laki dilarang memakainya.

(Abu-Zahra/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: