Pesan Rahbar

Home » » Hari Pertama Bulan Shafar, Tawanan Karbala Tiba di Syam

Hari Pertama Bulan Shafar, Tawanan Karbala Tiba di Syam

Written By Unknown on Monday 23 October 2017 | 18:01:00


Dan tepat pada awal Shafar tahun 61 Hijriyah para tawanan dan kepala-kepala syuhada Karbala tiba di tempat pemerintahan Yazid bib Muawiyah.

Shabestan News Agency, hari ini bertepatan dengan hari pertama di bulan Shafar, dimana setelah Imam Husain as dan para sahabat-sahabat setianya dibantai di padang Karbala oleh pasukan terlaknat Umar bin Sa’ad, keluarga Imam as menjadi tawanan mereka.

Dan pada hari ke sebelas Muharram keluarga Imam as dipindahkan dari Karbala menuju Kufah dan kemudian dibawa ke Syam.

Ubaidillah bin Ziyad yang merupakan Gubernur Kufah dan Bashrah serta bawahan Yazid bin Muawiyah di Irak, ia adalah orang yang memusuhi Ahlul Bait as. Ia memerintahkan supaya para tawanan yang tidak lain adalah keluarga nabi Muhammad saww agar dihadirkan ke dalam majelis dengan keadaan sebagaimana mereka ditawan, yakni dengan pakaian yang tidak pantas, dengan melakukan ini ia berusaha supaya kedudukan keluarga nabi saww yang agung menjadi jatuh di hadapan penduduk Kufah.

Setelah melewati Kufah, keluarga nabi saww yang ditawan dibawa ke Syam, mereka melewati berbagai kota dan desa dimana saat penduduk setempat mengetahui tentang kesyahidan Imam Husain as mereka semua melaknat para pembunuhnya.

Dan tepat pada awal Shafar tahun 61 Hijriyah para tawanan dan kepala-kepala syuhada Karbala tiba di tempat pemerintahan Yazid bib Muawiyah.

Dan saat berada di tempat tersebut banyak kejadian penting yang terjadi di sana, di antaranay wafatnya salah seorang puteri Imam as dan debat antara Sayyidah Zainab sa dengan Yazid bin Muawiyah dan juga khutbah Imam Sajjad as yang menggentarkan istana Yazid.

(Shabestan/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: