Pesan Rahbar

Home » , » Beginilah Foto Unik Kegiatan Warga Kudus Rayakan Hari Asyura

Beginilah Foto Unik Kegiatan Warga Kudus Rayakan Hari Asyura

Written By Unknown on Sunday 23 September 2018 | 01:03:00

Sumber foto: Sutini/Radio Elshinta

Hari Asyura yang dirayakan sebagian umat Islam setiap tanggal 10 Muharam terasa meriah di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. Warga Desa Kauman, Kudus, Jateng misalnya, Jumat (29/9/2017), membawa bubur asyura di seputar tempat tinggal mereka untuk dibagikan kepada tetangganya.

Kegiatan ibu-ibu masyarakat Kudus membuat Bubur Asyura

Warga Kudus sedang memperingati Hari Asyura dengan di jaga aparat kepolisian

Tradisi membagikan bubur asyura itu peninggalan Sunan Kudus untuk mengajarkan sikap saling berbagi kepada sesama. Bubur berbahan dasar delapan bahan pangan, yaitu beras, jagung, kedelai, ketela, kacang tolo, pisang, kacang hijau dan kacang tanah itu hanya dibuat pada bulan Asyura atau bulan Muharam

Warga membagi bubur asyura kepada tetangganya di Desa Kauman, Kudus, Jawa Tengah

Pekerja memasak daging kerbau saat persiapan tradisi buka luwur makam Sunan Kudus di Kudus, Jateng, Jumat

Hari Asyura yang diperingati setiap 10 Muharam di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah dirayakan dengan tradisi buka luwur makam Sunan Kudus. Tradisi buka luwur yang digelar setahun sekali pada bulan Muharam atau Sura tersebut merupakan bagian dari rangkaian acara memperingati haul Sunan Kudus dengan puncak acara jatuh pada tanggal 10 Muharam. Tradisi ini dilangsungkan dengan membagikan nasi yang dibungkus daun jati berikut lauk berupa daging kerbau kepada ribuan warga.

Pekerja meratakan nasi saat persiapan tradisi buka luwur makam Sunan Kudus di Kudus, Jateng, Jumat (29/9/2017)

Tradisi buka luwur yang diselenggarakan setiap 10 Muharam atau pada Sabtu (30/9), setiap tahunnya tidak pernah sepi dari kunjungan masyarakat dari berbagai daerah. Mereka memadati kompleks Makam Sunan Kudus guna memperebutkan nasi uyah asem (jawa) dan nasi jangkrik goreng.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengapresiasi masyarakat Kabupaten Kudus dan sekitarnya yang antusias mengikuti tradisi buka luwur di Makam Sunan Kudus, Sabtu.

(Fokus-Today/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: