Bagaimana Wahabi Salafi dalam Pandangan Hadhrotus Syaikh KH Hasyim Asyari rohimahulloh ?
Pada masa hidupKH Hasyim Asyari di Indonesia ternyata sudah mulai merebak kabar buruk tentang sekte Wahabi yang sekarang lebih suka menyebut diri sebagai Salafi. Di sini jika kami menyebut Wahabi salafi maka maksudnya sama dengan Salafi Wahabi.
Walaupun dalam penjelasan di kitabnya, KH Hasyim Asyaritidak menyebut langsung Wahabi atau Salafi tetapi yang dimaksud oleh KH Hasyim Asyari adalah Wahabi atau Salafi di zaman sekarang.
بسم الله الرحمن الرحيم والحمد لله رب العالمين، والصلاة والسلام على سيدنا محمد سيد الأولين والآخرين، وعلى آله وصحبه ومن اهتدى بهديه إلى يوم الدين.
Membaca beberapa artikel yang diposting di beberapa situs milik Wahabi Salafi yang mencatut namaHadlrotus Syaikh KH Hasyim Asyari khususnya menyangkut peringatan beliau bagi para pelaku kemungkaran dalam acara Maulid Nabi, kami terpanggil untuk menjelaskan maksud yang sebenarnya. Sejatinya peringatan beliau tersebut bertujuan guna menghilangkan atau setidaknya meminimalisir kemungkaran yang terjadi dalam peringatan Maulid Nabi. Namun oleh para Ustadz yang tidak memahami permasalahan, peringatan-peringatan dari KH Hasyim Asyari tersebut telah dibelokkan untuk melarang atau memerangi acara Peringatan Maulid Nabi shollallohu ‘alaihi wasallam.
Berikut sikap dan pandangan Hadlrotus Syaikh KH Hasyim Asyari tentang WAHABI SALAFI yang tertuang dalam kitab beliau “RISALAH AHLIS SUNNAH WALJAMA’AH”:
ومنهم فرقة يتبعون رأي محمد عبده و رشيد رضا, ويأخذون بدعة محمد بن عبد الوهاب النجدى, و احمد ابن تيمية وتلمذيه ابن القيم وابن عبد الهادى , فحرموا ما اجمع المسلمون على نذبه وهو السفر لزيارة قبر رسول الله صلى الله عليه وسلم, وخالفوهم فيما ذكر وغيره , قال ابن تيمية في فتاويه : واذا سافر لاعتقاده انها اي زيارة قبر النبي صلى الله عليه وسلم طاعة كان ذلك محرما بإجماع المسلمين , فصار التحريم من الامر المقطوع به.
Dan diantara golongan-golongan tersebut adalah kelompok yang mengikuti pemikiran Muhammad ‘Abduh dan Rasyid Ridho, mereka juga mengambil Bid’ahnya Muhammad Bin Abdil Wahab An Najdi,Ahmad Ibnu Taimiyyah dan dua orang muridnya yakni Ibnul Qoyyim dan Ibnu Abdil Hadi. Merekamengharamkan apa yang telah disepakati Ummat Islam sebagai kesunnahan yakni bepergian untuk berziyarah ke makam Rosululloh shollallohu ‘alaihi wasallam, mereka menyelisihi ummat Islam dalam hal tersebut juga hal-hal yang lain.
Ibnu Taimiyyah berkata dalam Fatwanya : “Jika seseorang bepergian karena meyakini bahwa Ziyarah ke makam Rosululloh shollallohu ‘alaihi wasallam adalah bentuk ketaatan (Ibadah) maka hal tersebut diharamkan berdasarkan kesepakatan Ummat Islam, maka jadilah hukum haram sebagai hukum (perkara) yang pasti.”
قال العلامة الشيخ محمد بخيت الحنفي المطيعي في رسالته المسماة ” تطهير الفؤاد من دنس الاعتقاد ” : وهذا الفريق قد ابتلي المسلمون بكثير منهم سلفا وخلفا, فكانوا وصمة وثلمة فى المسلمين وعضوا فاسدا يجب قطعه حتى لا يعدى الباقى, فهو كالمحذوم يجب الفرار منه,
Al ‘Allamah As Syaikh Bakhit Al Hanafi Al Muthi’iy berkata dalam risalahnya yang bertajuk “That-hirul Fuad Min Danasil I’tiqod” (Membersihkan Hati Dari Keyakinan/Aqidah Kotor) : “Sungguh Ummat Islam baik salaf maupun kholaf telah diuji/mendapat mushibah dengan adanya sebagian besar kelompok ini. Mereka ( wahabi / salafi ) bagaikan cacat dan pecahan dalam tubuh ummat Islam. Mereka bagaikan anggota tubuh yang rusak (sakit) dan wajib untuk diamputasi agar tidak menular kepada yang lain. Kelompok ini bagaikan orang yang terkena lepra yang wajib dihindari….
فانهم فريق يلعبون بدينهم , يذمّون العلماء سلفا وخلفا, ويقولون : “أنهم غير معصومين فلا ينبغي تقليدهم, لا فرق في ذلك بين الاحياء والاموات”. ويطعنون عليهم ويلقون الشبهات, و يذرونها في عيون بصائر الضعفاء, لتعمي ابصارهم عن عيوب هؤلاء, يقصدون بذلك القاء العداوة و البغضاء بحلولهم الجوّ, ويسعون في الارض فسادا…
Sungguh mereka adalah kelompok yang mempermainkan agama, mereka mencela para ulama baiksalaf maupun kholaf (dahulu dan sekarang), mereka (SaWah) berkata : “ Sungguh mereka (para ulama) adalah tidak ma’shum (tidak terjaga dari kesalahan), maka tidak patut mengikuti (taqlid) pada mereka, tidak ada bedanya baik para ulama’ yang telah wafat maupun masih hidup”…. mereka (SaWah) menyerang para ulama dan membuat syubhat-syubhat yang mereka sebarkan dimata kaum awam guna menutupi aib mereka, itu semua mereka lakukan dengan tujuan menciptakan konflik/ permusuhan dan kebencian, mereka berbuat kerusakan dimuka bumi ini…..
Penjelasan penulis : Coba kita perhatikan tulisan Ustadz Firanda berikut :
Para pembaca yang budiman, meskipun penulis memandang akan bid’ahnya maulid akan tetapi taruhlah jika penulis mengalah dan menyatakan bahwa perayaan maulid dianjurkan(sebagaimana pendapat kiyai pendiri NU) maka marilah kita melihat kenyataan yang ada… sungguh terlalu banyak perayaan maulid di negeri kita yang bercampur di dalamnya kemungkaran-kemungkaran yang telah diperingatkan oleh KH Muhammad Hasyim Asyari, seperti musik-musikan, nyanyian, ikhtilat lelaki dan wanita, mubadzir dalam makanan dan hias-hiasan.
Silahkan anda mencermati tulisan sang ustadz tersebut: meskipun penulis memandang akan bid’ahnya maulid akan tetapi taruhlah jika penulis mengalah dan menyatakan bahwa perayaan maulid dianjurkan…. Memangnya perkara agama bagi beliau ibarat main kelereng, atau petak umpet…?
Inilah mungkin salah satu yang dimaksud As Syaikh Bakhit dalam pernyataannya : Mereka adalah kelompok yang mempermainkan agamanya. Juga syubhat-syubhat yang mereka ciptakan untuk mengelabuhi kaum awam, lihat syubhat-syubhat yang ditulis Ustadz Firanda dalam penolakannya ataskonsep bid’ah hasanah dan yang lain..!!!
Lihat pula “Al Maulid Bainal Masyru’iyyah Wal Bida’iyyah”yang ditulis oleh Abdullah Fahd!!!
Dalam artikel tersebut Ustadz Firanda juga menulis sebagai berikut :
Banyak pelaku maksiat (baik yang tidak pernah sholat, koruptor, bahkan pemabuk dan pezina, para artis tukang umbar aurat) begitu antusias untuk ikut andil dalam melaksanakan perayaan maulid Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Mereka menyangka bahwa perayaan inilah sarana yang benar untuk menyalurkan dan mengungkapkan kecintaaan mereka terhadap Nabi. Akan tetapi jika mereka diajak untuk melaksanakan sunnah Nabi yang sesungguhnya maka mereka akan lari sejauh-jauhnya. Ini merupakan salah satu dampak negatif dari perayaan maulid Nabi, karena sebagian orang menjadi tidak semangat bahkan menjauh dari sunnah yang sesungguhnya karena bersandar kepada perayaan-perayaan seperti ini yang dianggap sunnah.
Coba anda perhatikan tulisan Ustadz Firanda tersebut, dan berfikirlah dengan hati dan akal yang jernih… niscaya anda akan tersenyum karena menganggap lucu dan mutathoffil (sikap kekanak-kanakan)…
Adakah koruptor, pemabuk, pezinah dilarang melakukan kebaikan …?
Bandingkan dengan sikap Rosululloh –shollallohu ‘alaihi wasallam- yang membiarkan arab baduwi (A’robi) kencing di dalam masjid…. Lebih dari itu, ustadz Firanda telah menuduh maulid sebagai biang / penyebab orang-orang menjahui sunnah…
Inikah yang disebut ilmiyah? Betapa fakta membuktikan sebagian koruptor adalah orang-orang yang anti maulid…
Dan berapa banyak Ummat Islam yang anti maulid juga pemabuk, meninggalkan sholat, bahkan menghinakan perempuan dengan menjadikannya sebagai gratifikasi ?…
Subhaanalloh Hadzaa Buhtaan…..
Selanjutnya As Syaikh Bakhit berkata :
يقولون على الله الكذب وهم يعلمون, يزعمون انهم قائمون بالامر بالمعروف والنهي عن المنكر, حاضون الناس على اتباع الشرع واجتناب البدع والله يشهد انهم لكاذبون…. قلت : ولعل وجهه انهم من اهل البدع و الاهواء.
Mereka ( Salafi / Wahabi ) mengatakan hal yang dusta terhadap Allah padahal mereka mengtahui itu, mereka mengira bahwa diri mereka sedang menegakkan amar ma’ruf nahi munkar, serta mendorong manusia agar mengikuti syariat dan menjahui bid’ah… dan Allah menjadi saksi bahwa mereka itu pendusta. Aku (As Syaikh Bakhit) katakana : Mungkin (melihat) penampilan mereka… merekalah ahli bid’ah dan ahlil hawa….
قال القاض عياض في الشفا : وكان معظم فسادهم على الدين, وقد يدخل في امر الدنيا بما يلقون بين المسلمين من العداوة الدينية تسري لدنياهم, قال العلامة ملاّ على القارى في شرحه : وقد حرم الله الخمر والميسر لهذه العلة, كما قال تعالى :إِنَّمَا يُرِيدُ الشَّيْطَانُ أَنْ يُوقِعَ بَيْنَكُمُ الْعَدَاوَةَ وَالْبَغْضَاءَ فِي الْخَمْرِ وَالْمَيْسِرِ
Al Qodhi ‘Iyadh dalam kitabnya As Syifa berkata : “Kerusakan terbesar yang mereka lakukan adalah pada agama, dan terkadang merembet ke dalam urusan dunia akibat perseteruan agama yang mereka ciptakan bisa menjalar menjadi perseteruan dalam urusan dunia, (anda dapat membuktikannya dengan apa yang terjadi di sebagian Negara di Timur seperti Mesir, Libiya, Syiria dll). Al ‘Allamah Mulla Ali Al Qori berkata dalam syarahnya : “Sungguh Allah telah mengharamkan khomer dan perjudian karena alasan ini (dapat menimbulkan konflik / permusuhan. red) sebagaimana yang telah Allah Firmankan : “Dengan minuman keras dan judi itu, setan hanyalah bermaksud menimbulkan permusuhan dan kebencian diantara kamu…” QS. Al Maidah: 91.
Demikian apa yang ditulis oleh Hadhrotus Syaikh KH Hasyim Asyari tentang Wahabi Salafi dalam kitab beliau “Risalah Ahlis Sunnah Wal Jama’ah” hlm : 9-10.
Semoga bermanfaat dan menjadi perhatian kita apa yang telah disampaikan oleh KH Hasyim Asyari, guna mensikapi Fenomena Wahabi Salafi. Namun demikian kami berharap agar segenap saudara-saudara ASWAJA di samping mempertahankan Manhaj / Ajaran Ahulus Sunnah hendaknya dipertahankan pula akhlaq Ahlus Sunnah, dan tidak mudah terpancing…. Cukup kita buktikan dengan hujjah dan argument yang ilmiyah…, sebagaimana dicontohkan tulisan ilmiyyah dari KH Hasyim Asyari yang telah kami kutipkan di atas.
هدانا الله واياكم الى مايحبه ويرضى
(Syiah-Ali/Islam-Institute/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)
Post a Comment
mohon gunakan email