Pesan Rahbar

Home » , , » Hati-Hati, Beras Plastik Bisa Picu Kanker

Hati-Hati, Beras Plastik Bisa Picu Kanker

Written By Unknown on Wednesday 20 May 2015 | 05:51:00

Salah seorang pedagang menunjukan jenis beras sentra ramos di Pasar Tanah Merah Mutiara Gading Timur, Mustika Jaya, Bekasi, Jawa Barat, 19 Mei 2015 (Antara/Risky Andrianto) 

Awal pekan ini, masyarakat kembali dibuat resah dengan beredarnya beras impor yang diduga mengandung plastik (sintesis). Jika dilihat dari sisi kesehatan, konsumsi plastik bisa sangat membahayakan.

Inge Permadi, spesialis gizi klinik dari MRCCC Siloam Hosiptals Semanggi, plastik merupakan salah satu benda asing yang berbahaya untuk dikonsumsi. Bila masuk ke dalam saluran cerna, plastik akan sulit sekali diproses.

"Karena tidak bisa dicerna dan tidak bisa keluar dengan cepat, akibatnya plastik tersebut akan tetap berada di saluran cerna. Ini bisa menyebabkan kelainan atau perubahan sel, dan lama kelamaan bisa menyebabkan kanker," kata Inge di Senayan City, Jakarta, Selasa (19/5).

Beras yang diduga mengandung plastik ini pertamakali ditemukan Dewi Septiani (29), pedagang nasi uduk dan bubur ayam di Perumahan Mutiara Gading Timur, Kelurahan Mustikajaya, Kecamatan Mustikajaya, Kota Bekasi, Jawa Barat.

Menurut pengakuan Dewi, perbedaan dengan beras asli sangat tampak terlihat sebelum dan sesudah beras plastik dimasak. Butiran beras yang diduga plastik berwarna bening, sementara beras asli berwarna bening bercampur putih susu.

"Beras plastik yang dimasak untuk dijadikan bubur, tidak hancur. Padahal memasak beras asli dengan durasi waktu dan ukuran air yang sama, sudah hancur menjadi bubur," ungkap Dewi, yang mengaku membeli beras tersebut di Pasar Mutiara Gading Timur.

Herman/FAB

(Source)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: