Pesan Rahbar

Home » » Imam zadeh Sayyid Mahmud, Mutiara Kahgiluyeh

Imam zadeh Sayyid Mahmud, Mutiara Kahgiluyeh

Written By Unknown on Monday 18 May 2015 | 04:36:00


Yasuj adalah sebuah daerah dataran tinggi yang diselimuti oleh pepohonan rindang. Di tengah kerindangan ini, kita dapat melihat sebuah kubah makam berwarna biru firuz. Makam milik Imamzadeh Sayyid Mahmud.

Area makam Sayyid Mahmud terletak di daerah Charusa di Kabupaten Kahgiluyeh.

Makam suci ini dikunjungi oleh para peziarah dari berbagai daerah Iran di sepanjang tahun, terutama ketika musim semi seperti saat ini tiba.

Area makam Sayyid Mahmud berukuran seluas 170 meter dengan luas bangunan sebesar 105 meter persegi. Hiasan eksterior makam sangat menawan dengan karya seni tradisional daerah. Semua disusun dengan tata seni yang sesuai dan sedap dipandang.

Kubah yang terletak di atas makam diukir dengan gaya seni dinasti Shafwiah dengan ketinggian sekitar 12 meter. Bagian dalam kubah ini dihiasi dengan hiasan kaca warna warni yang sangat menawan.

Menurut riwayat yang masyhur, Imamzadeh Sayyid Mahmud as memiliki banyak keramat. Untuk itu, para peziarah banyak berdatangan ke makam ini guna mengambil berkah.

Imamzadeh Sayyid Mahmud merupakan keturunan Imam Muhammad Jawad as: Mahmud bin Ahmad bin Musa Al-Mubarqa‘ bin Muhammad Jawad. Demikian kitab Muntakhab Al-Tawārīkh memaktukban.

(Shabestan/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: