Pesan Rahbar

Home » » Keberlanjutan Pemboman Genosida Yaman dan Penentangan Hukum Internasional

Keberlanjutan Pemboman Genosida Yaman dan Penentangan Hukum Internasional

Written By Unknown on Tuesday 12 May 2015 | 10:04:00


Juru bicara Menteri Luar Negeri Iran disamping mengutuk keberlanjutan pemboman Yaman, mengatakan bahwa tindakan-tindakan seperti ini adalah genosida dan bertentangan dengan hukum internasional.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran Mardhiah Afkham mengutuk keberlanjutan dan eskalasi serangan udara Arab Saudi terhadap Yaman dan pemboman daerah-daerah pemukiman yang padat penduduk terutama di bagian utara Yaman. Dan dengan merujuk lebih dari empat puluh hari serangan tanpa pandang bulu dan tanpa membedakan antara pangkalan-pangkalan militer dan sipil Yaman dan penggunaan senjata terlarang dengan tujuan dan niat untuk meningkatkan jumlah yang tewas, mengatakan bahwa tindakan seperti merupakan genosida dan bertentangan dengan hukum internasional.

Afkham menyerukan peran aktif PBB untuk menghentikan serangan terhadap warga sipil tak berdaya di Yaman dan mempercepat bantuan kepada rakyat yang tertindas dan terluka. “Diharapkan untuk mencegah kelanjutan bencana menyedihkan kemanusiaan di Yaman, semua lembaga khusus dan orang-orang yang bertanggung jawab segera melakukan tindakan,” tambahnya.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri menegaskan, “Telah dilakukan koordinasi dan kerjasama dalam upaya mencari cara baru menyalurkan bantuan kemanusiaan Republik Islam Iran dan kami berharap bantuan kemanusiaan dan persahabatan Iran akan sampai ke rakyat Yaman tanpa masalah dan hambatan.”

Begitu pula Johannes van Klaww, wakil PBB untuk pengiriman bantuan-bantuan kemanusiaan dan persahabatan ke Yaman, disampaing mengutuk serangan udara Arab Saudi ke utara Yaman, mengumumkan bahwa tindakan ini bertentangan dengan hukum-hukum internasional.

(Islam-Times/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: