Pesan Rahbar

Home » » Pasukan Israel Bentrok dengan Warga Palestina di Hari Nakba

Pasukan Israel Bentrok dengan Warga Palestina di Hari Nakba

Written By Unknown on Sunday 17 May 2015 | 05:04:00


Puluhan warga Palestina terluka setelah pasukan rezim Israel menembakkan peluru untuk membubarkan ribuan demonstran yang memperingati tahun ke-67 Hari Nakba (Hari Bencana).
Pada hari Jumat (15/5/15), ribuan warga Palestina mengadakan aksi unjuk rasa besar-besaran di Ramallah, Nablus, dan al-Khalil (Hebron) di Tepi Barat yang diduduki mengecam pendudukan Israel yang terus berlangsung.

Para demonstran meneriakkan slogan-slogan menolak  ekspansi rezim Tel Aviv dan penyitaan tanah warga Palestina.

Penduduk setempat dan saksi mengatakan demo yang berlangsung damai berubah jadi ajang kekerasan sampai pasukan Israel menyerang para pengunjuk rasa, menembakkan gas air mata dan peluru untuk menghentikan protes. Para pengunjuk rasa melempari batu ke pasukan Israel sebagai balasan.

Sumber-sumber medis dan keamanan Palestina mengatakan bahwa hampir tiga lusin orang terluka dalam bentrokan sengit itu.

Serangkaian bentrokan sengit juga terjadi dalam aksi demo di luar penjara militer Ofer, dekat pusat administrasi Ramallah, Tepi Barat.

Daerah-daerah di seluruh wilayah yang diduduki juga menggelar demo serupa.

Ribuan warga Palestina berbaris melalui al-Quds (Yerusalem) untuk menandai Hari Nakba. Sejumlah besar demonstran melambai-lambaikan bendera Palestina sambil berbaris menuju kompleks Masjid al-Aqsa.

Warga Palestina di Jalur Gaza yang diblokade juga turun ke jalan. Pasukan Israel menembak dan melukai beberapa pengunjuk rasa di sana.

Orator dari gerakan Hamas dalam demo itu menyeru warga untuk "melanjutkan perlawanan terhadap Israel, sampai kita membebaskan Palestina."

Demonstrasi serupa juga diadakan di beberapa negara tetangga di kawasan dan belahan lain dunia.

(Islam-Times/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: