Pesan Rahbar

Home » » Apakah Masih Ada Dua Belas Mahdi Pasca Imam Mahdi?

Apakah Masih Ada Dua Belas Mahdi Pasca Imam Mahdi?

Written By Unknown on Friday 19 June 2015 | 01:35:00


Salah satu isu akhir zaman dan Imam Mahdi yang banyak diisyaratkan oleh hadis-hadis adalah setelah Imam Mahdi kelak ada 12 Mahdi yang akan memerintah. Benarkah demikian?

Syaikh Thusi pernah meriwayatkan sebuah hadis, di malam Mikraj, Rasulullah saw berwasiat bahwa setelah Imam Mahdi as kelak akan ada Mahdi-Mahdi lain. Pertama dari mereka adalah putra Imam Mahdi as. Tetapi, sanad hadis ini memiliki problem dan tidak bisa dipertanggungjawabkan. Syaikh Thusi menegaskan bahwa hadis tersebut tidak ada dalam silsilah jalur sanad Syiah.

Syaikh Thabarsi juga pernah meriwayatkan hadis sahih yang menegaskan bahwa tidak ada pemerintahan lain setelah pemerintahan universal Imam Mahdi as. Lebih dari itu, banyak hadis yang menekankan bahwa Imam Zaman tidak akan meninggal dunia kecuali hanya tersisa empat puluh sebelum Hari Kiamat tiba. Tentu waktu ini tidak cukup untuk membentuk pemerintahan oleh keturunan beliau.

Menurut Syaikh Nabathi Bayadhi, hadis-hadis tentang dua belas Mahdi itu sangat syadz dan bertentangan dengan hadis-hadis yang sahih dan mutawatir.

Bayadhi kembali menekankan, dua belas Mahdi dari keturunan Imam Mahdi as itu mungkin hidup semasa dengan pemerintahan Imam Mahdi. Ungkapan “setelah” dalam beberapa hadis tidak mengharuskan arti setelah dalam arti waktu dan masa. Dua belas Mahdi itu hidup semasa dengan Imam Zaman dan bertindak sebagai para wakil beliau di seantero dunia.

(Shabestan/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: