Pesan Rahbar

Home » » Buku "Sejarah Islam di Indonesia" Dipublikasikan dalam Rangka Melawan Ideologi

Buku "Sejarah Islam di Indonesia" Dipublikasikan dalam Rangka Melawan Ideologi

Written By Unknown on Tuesday 21 July 2015 | 05:56:00


Pemerintah Indonesia memublikasikan buku Sejarah Islam di Indonesia, dalam rangka kampanye penyebaran Islam moderat dan melawan ideologi takfiri.

Menurut laporan IQNA, seperti dikutip dari harian Jakarta Post, buku ini disediakan dan dipublikasikan oleh Dinas Budaya Menteri Kebudayaan dan Pendidikan Indonesia.

Dalam buku ini dikisahkan sejarah kemunculan Islam di Indonesia dan perkembangan Islam di negara ini.
Taufik Abdullah, sejarawan Indonesia mengatakan, Islam yang diikuti di Indonesia sangat lebih baik ketimbang naskah Arab Saudi, karena tidak menyebabkan munculnya Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS), Al-Qaidah dan faksi-faksi lain, yang sangat getol mengkafirkan selainnya.

Dalam proses launching buku ini, yang bernama "Sejarah Islam di Indonesia", Taufik Abdullah, salah seorang sejarawan dan penulis buku ini, akan berpidato.

Dia mengatakan, kebanyakan buku-buku yang ditulis tentang Islam di Indonesia berbicara mengenai Islam di kawasan Jawa, namun buku ini mencakup semuanya; akar sejarah, tradisi intelektual, sastra, seni, kerajinan tangan dan semua hal yang bersumber dari Islam dan kebudayaan Islam.

Penulis buku ini setelah melakukan riset sampai pada kesimpulan bahwa Islam masuk ke Indonesia pada abad kesembilan dan para penguasa setempat muslim memegang tampuk kepemimpinan pada abad ketigabelas.

Negara Indonesia terletak di Asia Tenggara, dengan 204 juta muslim, kurang lebih memuat 13% populasi muslim dunia.

(IQNA/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: