Pesan Rahbar

Home » » Pangeran Saud al Faisal Wafat pada Usia 75 Tahun

Pangeran Saud al Faisal Wafat pada Usia 75 Tahun

Written By Unknown on Saturday 18 July 2015 | 05:43:00


Pangeran Saud al Faisal dari Arab Saudi, orang terlama di dunia yang menjabat menteri luar negeri (menlu) selama 40 tahun, wafat di usia 75 tahun pada Kamis 9 Juli 2015, menurut juru bicara kementerian, yang diumumkan oleh media milik pemerintah.

Tidak disebutkan penyebabnya, namun sang pangeran telah menjalani beberapa operasi dalam beberapa tahun terakhir pada punggungnya dan penyakit lainnya. Ia menyebut alasan kesehatan ketika ia pensiun pada bulan April lalu.

Mamoun Fandy, penulis Saudi Arabia and the Politics of Dissent mengatakan wafatnya Saud menandai akhir sebuah era bangsawan tua menuju kekuasaan kepada pangeran muda.

"Sejarah kebijakan luar negeri Saudi adalah al Faisal, dia dan ayahnya," katanya. "Ini bagaimana dunia tahu Arab Saudi, melalui al Faisal," tambahnya seperti dikutip LA Times, Jumat (10/7/2015).

Saud al Faisal lahir di Taif, Arab Saudi, pada 2 Januari 1940. Ia adalah anak kedua dari pangeran yang menjadi raja ketiga Arab Saudi, Faisal, yang memerintah dari tahun 1964 sampai ia terbunuh pada tahun 1975.

(Pikiran-Rakyat/Shabestan/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: