Pesan Rahbar

Home » » Rekor Terpanjang dan Terpendek Jam Berpuasa Muslim di Dunia

Rekor Terpanjang dan Terpendek Jam Berpuasa Muslim di Dunia

Written By Unknown on Tuesday 21 July 2015 | 06:08:00


Bulan suci Ramadhan tiba, sebagian kaum muslimin di negara-negara Islam berpuasa dengan jam yang panjang dan sebagian lain berpuasa lebih singkat.

Menurut laporan IQNA, seperti dikutip dari Hespress, bulan suci Ramadhan bagi kaum muslimin di seluruh penjuru dunia telah tiba; bulan yang masyhur dengan bulan ibadah, pengampunan dan ganjaran dan bulan dimana kaum muslimin dilarang untuk makan dan minun, dari terbitnya fajar sampai terbenamnya matahari.

Bulan ini memiliki kedudukan khusus di sisi kaum muslimin di seluruh penjuru, karena Ramadhan adalah bulan dimana diturunkannya Al-Quran. Bulan Ramadhan dimulai saat terlihatnya hilal bulan Ramadhan setiap tahun dan rukyah hilal dari satu negara dengan negara lain sangatlah berbeda. Terkadang melihat hilal sangatlah sukar karena adanya awan tebal dan karena inilah tanggal dimulainya bulan suci Ramadhan berbeda antara satu negara dengan negara lain.

Negara-negara belahan bumi utara akan mengalami jam puasa lebih banyak dan Denmark masuk dalam rekor ini, sementara negara-negara utara akan merasakan puasa yang singkat dan diantaranya adalah Argentina.

Jumlah jam bepuasa antara satu negara dengan negara lain sangatlah berbeda.
Jam puasa terpanjang dan terpendek di sebagian negara pada bulan Ramadhan tahun 2015 adalah sebagai berikut:
Jam terpanjang berpuasa:
Denmark: 21 jam.
Swedia, Norwegia dan Islandia: 20 jam.
Rusia: 19 Jam.
Belgia dan Belanda: 18 jam 30 menit.
Jam terpendek berpuasa.
Argentina: 9:30 jam.
Australia: 10 jam.
Afrika Selatan: 10 jam 30 menit.
Brazil: 11 jam.

(IQNA/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: