Pesan Rahbar

Home » » Iran Pamerkan Rudal Balistik Baru

Iran Pamerkan Rudal Balistik Baru

Written By Unknown on Sunday 23 August 2015 | 12:06:00


Presiden Iran Hassan Rouhani memamerkan rudal balistik baru. Rudal itu diketahui memiliki jarak tempuh 500 kilometer.

Menurut keterangan pihak militer Iran, rudal bernama Fateh itu dilengkapi dengan sensor canggih. Teknologi itu pun dianggap lebih maju dibanding rudal terdahulu.

Rudal ini dikeluarkan tepat di saat Hari Industri Pertahanan Iran. Perayaan itu merupakan kegiatan tahunan yang memamerkan kreasi terbaru industri militer Iran.

"Sebuah negara lemah yang tidak mampu melakukan konfrontasi dan membela diri dari kekuatan militer dan musuh untuk meraih perdamaian, harus mempersiapkan diri," ujar Rouhani, seperti dikutip Middle East Online, Sabtu (22/8/2015).

"Strategi ini tidak lebih didasarkan dari pertahanan dan pencegahan," lanjutnya.

Beberapa versi dari rudal Fadel sudah diproduksi Iran dalam beberapa tahun terakhir. Seri 313 ini, merupakan model terbaru dan sudah diuji dengan sukses serta siap diproduksi massal.

Program rudal balistik Iran turut dibahas dalam negosiasi nuklir Iran dengan enam negara besar, di Wina, Austria pada 14 Juli 2015 lalu.

Hasil dari negosiasi itu memungkinkan Iran untuk dicabut sanksi yang diarahkan kepada mereka. Namun sebagai gantinya, Iran harus melucuti program nuklir yang mereka miliki.

(Shabestan/Metro-News/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: