Pesan Rahbar

Home » » Perkembangan Perlawanan Tentara Iraq Terhadap ISIS

Perkembangan Perlawanan Tentara Iraq Terhadap ISIS

Written By Unknown on Sunday 23 August 2015 | 11:48:00


Selama setahun terakhir tentara Iraq telah menunjukkan pencapaian luar biasa dalam perlawanan mereka melawan teroris-teroris ISIS di negeri itu.

Tentara Iraq mendapatkan berbagai bantuan baik dari Iran maupun negara-negara lainnya untuk memerangi ISIS. Kini kita lihat bagaimana perkembangan perlawanan terhadap ISIS yang dilakukan tentara-tentara Iraq.

Kemarin pihak pemerintah Iraq mengumumkan terbunuhnya 236 teroris ISIS dalam aksi penyergapan di berbagai propinsi Mosul dan Anbar.

Kemenangan-kemenangan aksi militer tentara Iraq seperti pertahanan di Samara, Baghdad, Karbala dan juga pembebasan Jurf Al Sakhar, Tikrit dan kawasan-kawasan lainnya menunjukkan pencapaian tentara-tentara Iraq yang luar biasa.

Bisa dikatakan bahwa saat ini kebanyakan kawasan-kawasan Iraq yang berpenduduk Syiah telah terbebaskan dari cengkraman ISIS.

Pada bulan Juni 2014 tentara Iraq berhasil membersihkan kawasan-kawasan sekitar Baghdad, bagian utara Diyalah dan Tikrit dari keberadaan teroris-teroris ISIS. Ramadi dan Falujah, saat ini sudah bersih dari ISIS.

Jika dibanding dengan kekalahan yang diderita tentara Iraq, kemenangan-kemenangan aksi militer tentara Iraq lebih menonjol. Keberhasilan tentara Iraq di Ramadi dan Falujah pada musim panas tahun ini bakal menambahkan ranking pencapaian tentara-tentara Iraq.

Ahmad Ali salah seorang pakar keamanan dan militer di salah satu universitas Iraq berkata, “ISIS kini berada dalam fase mempertahankan diri. Kondisi ini sudah menjadi tanda-tanda kemenangan buat kita.”

Ia menambahkan, “Pada tahun 2014 ISIS memang sempat gencar meguasai kawasan-kawasan di Iraq namun kini sudah tidak lagi.”

Adapun di Suriah, teroris-teroris ISIS nampaknya sudah mulai kuwalahan dengan berbagai serangan yang menjadikan mereka sebagai sasarannya baik dari udara maupun darat.

(Shabestan/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: