Pesan Rahbar

Home » » Ponsel sudah Berumur 40 Tahun Lebih

Ponsel sudah Berumur 40 Tahun Lebih

Written By Unknown on Sunday 16 August 2015 | 00:59:00


Jika pada tanggal 3 April tahun 1973 Dr. Martin Cooper tak menemukan apa yang kini kita kenal dengan ponsel, dunia pasti tidak akan mengenal gadget-gadget mobile macam iPhone atau Samsung Galaxy.

Ponsel pertama buatan Dr. Martin Cooper yang ternyata juga ponsel pertama di dunia mempunyai berat awal sekitar 1 kilogram!

Ponsel itu menjadi alat telekomunikasi portabel pertama yang dibuat oleh perusahaan Motorola tanpa menyertakan kabel apapun sekitar 41 tahun yang lalu.

Untuk menandai kesuksesannya, Dr. Cooper mencoba memamerkan alat tersebut pada rivalnya, Dr. Engel yang juga merupakan ketua peneliti dari laboratorium mendiang Alexander Graham Bell, si penemu telepon. Mungkin ini lah panggilan pertama yang dilakukan oleh seseorang dalam sejarah.
Dr. Cooper menyebut ponsel tersebut dengan nama DynaTAC yang kemudian dijual oleh Motorola dengan harga yang cukup fantastis, sekitar USD 3500 (Rp 41 juta) pada masa itu.

Uniknya, meskipun ditemukan di Amerika Serikat, teknologi ponsel selular malah berkembang pesat di Jepang pada tahun 1979, ditandai dengan dibangunnya jaringan ponsel pertama. Jaringan tersebut meliputi seluruh area metropolitan di Jepang dengan menyertakan 23 stasiun pemancar.

Akan tetapi, sebagian besar perkembangan ponsel terjadi di Finlandia, tempat kelahiran Nokia.

Negara tersebut memulai penggunaan SMS pada tahun 1993 disusul oleh “ringtone” pada tahun 1998. Sebelumnya Finlandia juga dikenal sebagai pusat pengembangan teknologi jaringan 2G.

Tak lama berselang, Jepang pun punya andil besar sebagai negara yang pertama kali menggunakan servis internet pada tahun 1999.

Sang penerus, jaringan 3G, lahir pada tahun 2001. Teknologi 3G berperan penting untuk transfer data, terlebih dengan penambahan fitur HSPA yang membuat aktivitas berkirim data menjadi lebih cepat.
Saat ini peneliti sendiri masih sibuk berkutat dengan pengembangan teknologi 4G LTE yang kabarnya mampu menyuguhkan transfer data hingga kecepatan 1Gbps untuk perangkat PC dan 100Mbps untuk perangkat mobile, PhoneArena (8/6).

Kira-kira apa lagi yang akan diberikan oleh ponsel-ponsel masa depan untuk kita?

(Mahdi-News/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: