Pesan Rahbar

Home » » Saudi Akui Pembom Masjid Adalah Warganya

Saudi Akui Pembom Masjid Adalah Warganya

Written By Unknown on Sunday 9 August 2015 | 10:58:00

Pasukan keamanan memeriksa masjid lokasi pengeboman di Abha, Arab Saudi, Kamis (6/8).

Arab Saudi mengakui pelaku peledakan bom bunuh diri di masjid markas polisi di Mesir merupakan warna negaranya.

Menteri Dalam Negeri Arab Saudi mengatakan, pelaku pengeboman adalah Yussef bin Suleiman bin Abdullah al-Suleiman (21 tahun).

Dengan bahan peledak yang dikemas rapi, al-Suleiman mengebom sebuah masjid di kompleks markas kepolisiam di selatan Provinsi Aseer, demikian dilansir Al Jazeera, Sabtu (8/8).

Selain menewaskan 15 orang, ledakan ini juga melukai sembilan orag lainnya. ISIS mengklaim bertanggung jawab atas ledakan ini.

Juru bicara Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi mengatakan 11 dari 15 korban tewas merupakan polisi dan empat orang lainnya adalah pekerja asal Bangladesh. Masjid saat itu sedang dipadati para polisi dari unit senjata khusus dan taktis di tenggara kota Abha.

Al-Suleiman sendiri sudah pernah ditahan dua tahun lalu. Saat oti ia diyahan mengikuti aksi duduk di Kota Buraida yang meminta para tahanan dibebaskan. Ia lalu dibebaskan 45 hari kemudian setelah terbukti tidak bersalah.

Menyusul peledakan itu, kelompok afiliasi ISIS, al-Hijaz mengklaim berada di balik pengemboman itu.

Aksi ini merupakan yang paling mematikan terhadap keamanan Arab Saudi beberapa pekan ini. Pelaku yang diidentifikasi sebagai Abu Sianan al-Najdi sempat berikrar untuk melawan tiran di Semenanjung Arab.

ISIS sudah meluaskan serangannya di Timur Tenngah. Mereka mengklaim serangan di dua masjid syiah dan sunni Arab Saudi pada Mei lalu dan yang ke tiga di Kuwait pada Juni lalu.

(Republika/BBC/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: