Pesan Rahbar

Home » » Hari Ini, Kaʻbah Dibangun

Hari Ini, Kaʻbah Dibangun

Written By Unknown on Thursday 10 September 2015 | 03:27:00


Hari ini, 25 Dzulqaʻdah, adalah hari yang dikenal dengan sebutan Dahwul Ardh bertepatan dengan pembangunan Kaʻbah.

Hari ini juga bertepatan dengan hari ulang tahun kelahiran Nabi Ibrahim dan Nabi Isa serta keberangkatan Rasulullah saw dari Madinah untuk melaksanakan Hajjatul Wadāʻ.

Berdasarkan firman Allah dalam al-Qur’an, rumah pertama yang dibangun di atas bumi sebagai rumah ibadah adalah Kaʻbah.

Dalam hadis, Imam Ali bin Abi Thalib as berkata, “Sesuatu yang pertama turun dari langit ke muka bumi adalah rumah yang terdapat di Makkah. Allah telah menurunkannya dalam bentuk yaqut merah.”

Rumah ini, dari sejak Nabi Adam hingga kini, telah menjadi tempat ibadah orang-orang yang bertauhid dan bertakwa. Rumah ini telah dibangun oleh Nabi Adam dengan dibantu oleh Jibril.

Menurut riwayat yang dinukil oleh Syaikh Abbas al-Qomi, tanggal pembangunan Kaʻbah jatuh pada tanggal 25 Dzulqaʻdah.

Lebih dari itu, menurut hadis dari Imam Ali bin Musa Ridha as, malam 25 Dzulqaʻdah juga menyaksikan kelahiran dua nabi agung Allah. Yaitu Nabi Ibrahim as dan Nabi Isa putra Maryam as.

Dari sejak permulaan bulan Dzulqaʻdah tahun 10 Hijriah, Rasulullah saw mengumumkan ke seluruh penduduk bahwa beliau akan melaksanakan ibadah haji. Barang siapa yang ingin ikut bersama beliau, maka ia harus segera mempersiapkan bekal.

Setelah semua perlengkapan siap, Rasulullah saw berangkat ke Makkah pada tanggal 25 Dzulqaʻdah bersama seluruh istri dan putri beliau, Sayyidah Fatimah Zahra as. Sekitar 104 atau 124 ribu orang menemani beliau dalam safari ruhani ini. Ibadah ini disebut Hajjatul Wadaʻ lantaran haji perpisahan dan terakhir beliau.

(Shabestan/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: