Pesan Rahbar

Home » » Idealisme Adnan Buyung Nasution

Idealisme Adnan Buyung Nasution

Written By Unknown on Thursday 24 September 2015 | 12:46:00

Adnan Buyung Nasution saat menjadi pengacara Asosiasi Pilot Garuda Indonesia 2011 lalu. (Foto: Antara)

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Yuddy Chrisnandi mengatakan almarhum Adnan Buyung Nasution adalah sosok yang patut diteladani. Adnan Buyung, kata Yuddy, adalah sosok idealis yang sulit tergantikan.

“Saya punya kesan tersendiri dengan sosok beliau. orangnya tegar, sarat dengan idealisme. Saya tidak melihat sedikitpun kelunturan idealisme beliau,” kata Yuddy usat melayat di rumah duka di Jalan Poncol Lestari, Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Rabu 23 September 2015.

Yuddi menuturkan, meskipun Adnan sempat diangkat menjadi anggota Dewan Penasihat Presiden era mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), almarhum tetap tidak kehilangan daya kritis. Jika tidak sesuai pemikiran, Adnan berani keluar dari lingkaran kekuasaan.

“Bahkan lebih mengagumkan dari beliau pada saat beliau menjadi bagian dari kekuasaan di era pemerintahan SBY. Kalau tidak sesuai nurani, beliau tidak ragu keluar dari lingkaran kekuasaan. Itu adalah sikap yang layak diteladani dan menginspirssi para pejuang demokrasi,” tegas dia.

Diakui Yuddy, almarhum adalah salah seorang tokoh yang jadi inspirasinya. Ketika masih mahasiswa dan menjadi Ketua Forum Dialog Indonesia, Yuddy sering mengundang Adnan menjadi pembicara.

“Beliau acap kali kami undang ke acara kami dan memberikan inspirasi bagi perkembangan demokrasi dan sejak itu saya sering berkomunikasi,” ungkap dia.

Yuddy mengaku, kaget menerima kabar kepergian Adnan. Pasalnya, kata dia, kondisi kesehatan Adnan Buyung sempat membaik.

“Saya pikir akan membaik karena bantuan pernapasannya sudah dicopot namun tadi pagi setelah saya mengantar Pak JK ke luar negeri baru saya tahu. Saya sempatkan datang untuk memberikan penghormatan terakhir dan doa untuk beliau,” pungkas Yuddy.

(Metro-News/Antara-News/Satu-Islam/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: