Pesan Rahbar

Home » » Masjid Milik Imam Hasan Mujtaba di Kebun Kurma Madinah

Masjid Milik Imam Hasan Mujtaba di Kebun Kurma Madinah

Written By Unknown on Thursday 10 September 2015 | 03:13:00


Masjid Syaikh ‘Amri termasuk salah satu masjid warga Syiah di kota Madinah Munawwarah. Masjid ini di sebuah kebun yang sangat hijau dan lantunan asyhadu anna ‘aliyyan waliyullāh setiap hari senantiasa menggema.

Masjid atau husainiah ini terletak di sebuah daerah yang bernama Nakhāwalah. Masjid ini berada di pinggiran kota Madinah di sebelah barat Masjid Nabawi, tepatnya di penghujung Jl. Imam Ali bin Abi Thalib as.

Daerah ini dikenal dengan nama Nakhāwalah lantaran nenek moyang penduduk ini adalah petani kurma (al-nakhl). Berdasarkan keyakinan tradisional masyarakat setempat, kurma Madinah hanya berbuah di tangan warga Syiah.

Masjid warga Syiah ini terletak di tengah perkebunan kurma yang dikenal dengan nama perkebunan Syaik ‘Amri. Ayatullah Muhammad ‘Amri adalah seorang ulama pejuang yang dari sejak usia pertama telah berdomisili di Madinah dan menjadi kepala warga Syiah.

Masjid ini telah diwakafkan oleh Ayatullah Syaikh ‘Amri untuk Imam Hasan Mujtaba as. Allamah Muhammad Ali ‘Amri dari sejak 80 tahun lalu membeli perkebunan kurma yang dikenal dengan perkebunan Imam Hasan Mujtaba as dan lantas mewakafkannya untuk husainiah dan masjid.

Syaikh ‘Amri lahir pada tahun 1909 M. Silsilah keturunannya sampai kepada Utsman bin Saʻid ‘Amri, salah satu wakil khusus Imam Mahdi as.

Pada satu berusia 15 atau 16 tahun, Syaikh ‘Amri pergi ke kota Najaf untuk menimba ilmu. Ia juga pernah belajar di Hauzah Ilmiah Qom dan Masyhad untuk beberapa waktu.

(Shabestan/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: