Pesan Rahbar

Home » » Teater Ghadir Khum di 132 Titik Iran

Teater Ghadir Khum di 132 Titik Iran

Written By Unknown on Wednesday 30 September 2015 | 09:07:00


“Tahun ini, teater Ghadir Khum akan digelar di 132 titik di seantero Iran secara terbuka di alam bebas. 18 persen dari seluruh titik ini akan digelar di daerah berpenduduk Ahli Sunnah.”

Begitu hal ini dijelaskan oleh Sardar Yaʻqub Sulaimani dalam jumpa pers hari ini di Tehran, Iran.

Para penduduk Iran yang bermazhab Sunni, lanjut Sulaimani, menyambut teater Ghadir Khum ini digelar di daerah mereka.

Menurut Sulaimani, produksi iklan Ghadir Khum, film dokumenter Naba’ Azhim dan penayangannya di seluruh stasiun televisi, dan perjumpaan dengan para marjaʻ agung termasuk keistimewaan peringatan Ghadir Khum tahun ini.

“Slogan Ghadir Khum tahun ini,” lanjut Sulaimani, “adalah ‘Imam Ali Barometer Kehidupan dan Persatuan’. Situs al-Yawm juga akan direnovasi dalam waktu beberapa hari ke depan ini.”

Sulaimani melanjutkan, banyak permohonan dari para turis asing untuk menyaksikan teater Ghadir Khum ini. Para mahasiswa juga meminta teater ini dipertontonkan di perguruan-perguruan tinggi. Yang penting, teater Ghadir Khum tahun ini digelar semarak oleh seluruh lapisan masyarakat.

“Penggelaran teater Ghadir Khum ini bersifat bebas dan tidak ada unsur pemaksaan. Kita berharap Ghadir Khum ini berubah menjadi budaya dan kultur kita. Sebagaimana masyarakat kita berpartisipasi luas dalam menyelenggarakan hari duka untuk Imam Husain as, mereka juga berpartisipasi luas untuk Ghadir Khum,” ungkap Sulaimani berharap.

(Shabestan/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: