Pesan Rahbar

Home » » Bagaimana Iran Untung dari Serangan Terhadap Suriah? Berikut Ringkasannya

Bagaimana Iran Untung dari Serangan Terhadap Suriah? Berikut Ringkasannya

Written By Unknown on Tuesday 10 November 2015 | 22:44:00


Berita kemenangan Rusia selama tiga minggu membombardir beberapa lokasi kelompok Daʻisy di Suriah terdengar santer. Daerah Huma yang terletak di kawasan ekonomi Aleppo sedang dibebaskan dari cengkeraman Daʻisy.
Menurut laporan Interpreter, beberapa daerah yang sebelum ini berada dalam genggaman Daʻisy malah sudah bebas.

Minggu lalu telah digelar sebuah pertemuan di Vienna, Austria, untuk mengulas kondisi Suriah. Seluruh negara yang berkecimpung dalam krisis Suriah termasuk negara-negara pendukung Daʻisy seperti Turki dan Arab Saudi juga turut hadir bersama Qatar. Untuk pertama kali, Iran sebagai negara pendukung Asad dan rakyat Suriah turut diundang hadir. Tentu berita ini bukanlah sebuah berita bagi para petingg Saudi. Sekalipun usaha keras telah dikerahkan, mereka tidak bisa membendung kedatangan Iran.

Rusia hanya memiliki sedikit personel angkatan darat untuk menjaga kamp pertahanan udara yang eksis di Suriah. Apabila ditambah personel Hizbullah dan para penasihat militer Iran, mungkin jumlah mereka hanya berkisar dua ribu orang.

Peran dalam hal ini tidak lagi bisa disepelekan. Iran sekarang sedang berada di atas angin di Suriah. Para sekutu Amerika juga sekarang sedang menghadapi krisis jati diri lantaran penentangan terjadap Asad selama ini.

(Shabestan/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: