Pesan Rahbar

Home » » Masjid Terindah Afrika di Kota Abuja

Masjid Terindah Afrika di Kota Abuja

Written By Unknown on Monday 30 November 2015 | 18:25:00


Masjid nasional Nigeria dibangun di ibukota negara ini, Abuja. Dengan kubah emas yang gemerlap, masjid Abuja adalah masjid terindah di Benua Afrika.

Masjid Abuja terletak di sebuah negara yang berpenduduk mayoritas muslim. Masjid ini terletak di Jl. Darb Al-Istiqlāl, tepat berhadap-hadapan dengan Markas Nasional Kristen.

Masjid Abuja dibangun pada tahun 1984. Musa Muhammad Yustar adalah imam masjid untuk periode ini.

Masjid Abuja dilengkap dengan ruang salat, perpustakaan, ruang konferensi, dan ruang pendidikan.

Sebagai ibukota Negeria, Abuja berpenghuni sebanyak 778.567 jiwa. Abuja merupakan ibukota baru Nigeria. Sebelum ini, Nigeria memiliki ibukota di kota Lagos.

Pemindahan ibukota ini didasari oleh dua alasan utama:
Pertama, penghuni kota Lagos sudah melebihi kapasitas yang dimiliki.
Kedua, ibukota Nigeria harus terletak di sebuah posisi nonblok dari sisi etnis.

Akhirnya, infrastruktur kota Abuja berhasil disempurnakan pada era tahun 1980.

Sekalipun jumlah pengikut Kristen dan Islam berfariasi di daerah-daerah yang berbeda, akan tetapi secara umum, jumlah warga muslim Nigeria lebih banyak dibandingkan jumlah pengikut Kristen.

Nigeria memiliki lebih dari 250 etnis. Akan tetapi, etnis yang paling penting adalah Hawsa, Yoruba, dan Igbo. Jumlah masing-masing etnis ini secara berurutan adalah 29, 21, dan 18 persen dari seluruh penduduk Nigeria. Etnis Hawsa pada umumnya beragama Islam dan hidup di utara Nigeria. Etnis Yoruba berada di selatan Nigeria dan memiliki posisi politik dan ekonomi yang sangat ideal. Setengah dari mereka beragama Islam. Etnis Igbo berada di tenggara Nigeria dan mayoritas mereka beragama Kristen.




(Shabestan/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: