Pesan Rahbar

Home » » Dimulainya perundingan pihak oposisi Suriah di Riyadh

Dimulainya perundingan pihak oposisi Suriah di Riyadh

Written By Unknown on Sunday 20 December 2015 | 15:25:00


Perwakilan dari pihak oposisi Suriah memulai perundingan mereka dengan pihak barat di Riyadh-ibu kota Arab Saudi, dalam usaha mereka untuk menyamakan persepsi setelah berunding dengan pihak Presiden Suriah Bashar Asad.

Diinformasikan dari kantor berita Sky News: Perwakilan dari pihak oposisi Suriah memulai perundingan mereka dengan pihak barat di Riyadh-ibu kota Arab Saudi, dalam usaha mereka untuk menyamakan persepsi setelah berunding dengan pihak Presiden Suriah Bashar Asad. Diberitakan juga bahwa dalam pertemuan ini pihak Arab Saudi juga mengundang wakil dari kelompok teroris JIS Islamiyah.

Sesuai dengan kesepakatan yang dicapai pada bulan Januari, bahwa pihak oposisi dan wakil dari pemerintah Suriah akan mengadakan pertemuan kembali di Wina. Dalam pertemuan hari ini berbagai kelompok oposisi diundang untuk duduk bersama. Pihak oposisi yang diundang pihak Arab Saudi antara lain seperti Ahrar Syam, kelompok teroris JIS Islamiyah, dan lebih dari 10 kelompok oposisi lainnya sebagai pasukan yang diakui secara resmi dan disukung untuk melawan pemerintah Suriah.

Pertemuan ini akan berlangsung selama kurang lebih 2 hari, dengan tema utamanya adalah bagaimana mencari solusi politik dalam konflik di Suriah, perlawanan terhadap terorisme, gencatan senjata serta pembangunan kembali beragam fasilitas sosial dan pemerintahan yang telah hancur karena perang. Hasil dari perundingan tersebut direncanakan akan diumumkan pada hari kamis mendatang.

Konferensi yang diadakan oleh Riyadh ini dilakukan setelah dilaksanakannya perundingan dengan berbagai negara yang menyetujui diakhirinya konflik yang telah menelan korban ratusan ribu korban jiwa dan jutaan pengungsi.

(Shabestan/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: