Pesan Rahbar

Home » » Obama Minta Erdogan Tarik Pasukan dari Iraq

Obama Minta Erdogan Tarik Pasukan dari Iraq

Written By Unknown on Sunday 20 December 2015 | 16:19:00


Dalam sebuah percakapan telpon, Barack Obama Presiden Amerika meminta kepada Rajab Tayyeb Erdogan Presiden Turki supaya menarik pasukannya dari tanah Iraq dan juga menghormati kedaulatan Iraq.

Permintaan Obama ini ditujukan supaya kepanasan pertikaian di Iraq mereda dan Iraq bisa bernapas lega.

Dari sejak 4 Desember lalu, Turki telah menempatkan 300 personel militer dengan didukung oleh 20 hingga 25 tank di daerah Ba‘syiqe di dekat kota Mosul dengan alasan ingin memberikan pendidikan kepada personel Pisymarge dalam memerangi Da‘isy.

Turki memang sudah memindahkan seluruh personel tersebut ke daerah yang berada di bawah kekuasaan pemerintahan daerah Kurdistan. Akan tetapi, Iraq bersikeras supaya seluruh personel Turki ini hengkang dari tanah Iraq.

Menurut pengakuan Haidar Al-‘Ibadi, Perdana Menteri Iraq, personel militer Turki itu telah memasuki tanah Iraq tanpa restu Baghdad.

Al-‘Ibadi dan seluruh anggota kabinet Iraq telah mengeluarkan pernyataan resmi supaya seluruh personel Turki itu meninggalkan Iraq.

Dalam beberapa hari terakhir, ribuan rakyat Iraq menggelar demonstrasi di berbagai daerah guna mengecam intervensi Turki tersebut.

(Press-TV/Shabestan/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: