Pesan Rahbar

Home » » Ayatullah Nuri Hamadani: Kita Bisa Memanajemen 100 Juta Jamaah Haji dalam Setahun

Ayatullah Nuri Hamadani: Kita Bisa Memanajemen 100 Juta Jamaah Haji dalam Setahun

Written By Unknown on Sunday 20 December 2015 | 16:25:00


“Jika Arab Saudi menyerahkan urusan haji kepada kita, maka kita bisa memanejemen 100 juta jamaah haji dalam setiap tahun.”

Begitu hal ini disampaikan oleh Ayatullah Nuri Hamadani, salah seorang marja‘ Syiah, dalam kuliah ijtihad hari ini di Masjid A‘zham, Qom, Iran. “Kalian (Arab Saudi) sungguh tidak mampu memanajemen 3 juta jamaah dalam setahun,” ujarnya.

Ayatullah Nuri Hamadani juga mengecam aksi pembantaian yang dilakukan oleh militer Nigeria atas para pengikut Ahlul Bait Rasulullah saw di negara ini. “Dukungan Arab Saudi terhadap para pembantai Syiah Nigeria adalah sama dengan dukungan terhadap Israel, Amerika, dan takfirisme,” ujarnya.

Ayatullah Nuri Hamadani meminta kepada pihak yang berwenang supaya mengusut para pelaku kejahatan ini dan lantas mengadili mereka. “Kita tidak boleh tinggal diam dalam menghadapi hal ini,” tukasnya.

Ketika menanggapi tuduhan PBB bahwa Iran melakukan pelanggaran HAM, Ayatullah Nuri Hamadani menekankan banyak kejahatan dan pembantaian yang terjadi di Bahrain, Suriah, Iraq, dan Yaman. Akan tetapi, PBB hanya bisa menutup mata dan tidak pernah menentukan sikap yang tegas.

PBB juga, lanjut Ayatullah Nuri Hamadani, tidak pernah agresif dalam menanggapi kehadiran Da‘isy, Boko Haram, dan lain-lain di beberapa negara dunia. “Akan tetapi, lembaga ini merasa terusik dengan eksekusi yang dilaksanakan oleh Iran terhadap para penyelundup narkoba di Iran dan menilainya sebagan pelanggaran HAM,” ungkapnya.

(Shabestan/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: