Pesan Rahbar

Home » » Kontroversi Foto Cut Nyak Dien Sebenarnya Berjilbab

Kontroversi Foto Cut Nyak Dien Sebenarnya Berjilbab

Written By Unknown on Monday 14 March 2016 | 17:23:00


Cut Nyak Dien, pahlawan nasional asal Aceh sudah dikenal luas melalui fotonya yang terpampang di mata uang dan buku sejarah. Namun kini muncul klaim bahwa gambar itu bukanlah yang sebenarnya.

Akun Facebook “Seuramoe Mekkah” mengunggah foto Cut Nyak Dien dan disandingkan dengan foto perempuan berjilbab yang diklaimnya sebagai foto asli istri Teuku Umar.

“..foto seorang muslimah yang menjaga kehormatannya dengan menutup auratnya, sanggup mereka rubah menjadi gambar wanita yang terbuka auratnya, walaupun itu seorang wanita pahlawan nasional sekalipun,” tulis akun tersebut.

Postingan tersebut rupanya menghebohkan netter Indonesia. Namun, berdasar penelusuran ternyata foto wanita berjilbab itu bukanlah Cut Nyak Dien. Dalam profil di website Koninklijk Instituut voor Taal Land-en Volkenkunde (KTILV) Universitas Leiden Belanda, tertulis kalau sosok itu adalah istri Panglima Polim dari Sigli tertanggal 1903. Panglima Polim sendiri adalah juga merupakan pahlawan tersohor dari Aceh.

Keterangan foto: istri Panglima Polim (kiri), Cut Nyak Dien tua (kanan)

KTILV juga mempunyai arsip foto asli Cut Nyak Dien tertanggal 1905. Dalam foto itu, tampak pejuang wanita asal Aceh itu telah renta dan tidak mengenakan jilbab.

Akun Facebok “Seuramoe Mekkah” tidak menyangkal bahwa foto wanita berhijab yang ia klaim ternyata adalah istri Panglima Polim. Namun akun tersebut tetap teguh pada pendiriannya bahwa Cut Nyak Dien adalah wanita berhijab. Akun tersebut mengklaim foto Cut Nyak Dien tua tidak berhijab adalah karena terpaksa setelah dianiaya Belanda hingga terlihat seperti wanita murahan. Akun “Seuramoe Mekkah” juga mengklaim Cut Nyak Dien enggan menoleh ke Kamera, karena merasa malu dan jilbabnya masih ada di lehernya.


(Uniq-Post/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: