Pesan Rahbar

Home » , » Militan Salafi Ledakkan Kubah Bersejarah Masjid Raya Ta‘iz

Militan Salafi Ledakkan Kubah Bersejarah Masjid Raya Ta‘iz

Written By Unknown on Monday 1 August 2016 | 08:38:00


Para militan rasikal salafi meledakkan kubah masjid raya dan maqam Abdul-Hadi Al-Sudi, seorang ulama dan wali Allah, yang berada di kota Ta‘iz, Yaman, hari Jumat lalu.

Aksi peledakan kubah bersejarah tersebut dilakukan oleh sebuah kelompok salafi yang menamakan diri Humat Al-‘Aqidah di bawah pimpinan Abul Abbas. Peledakan yang terjadi pada sore Jumat ini dilakukan dengan cara memasang dinamit di kubah tersebut.

Menurut pengakuan pihak keamanan Yaman, para militan teroris secara umum selalu melakukan aksi peledakan makam dan kubah-kubah bersejarah di seluruh masjid Yaman.

Para militan radikal juga pernah menyerang kubah masjid dan maqam Abdul-Hadi Al-Sudi tersebut pada pertengahan September 2015 lalu.

Kubah masjid Syaikh Abdul-Hadi Al-Sudi termasuk kubah besar bersejarah di Yaman dan berwarna putih. Kubah ini adalah salah satu peninggalan Islam terindah di kota Ta‘iz dan dibangun pada masa Dinasti Utsmaniyyah.

Dewan Peninggalan Bersejarah dan Museum Yaman mengecam keras aksi peledakan tersebut.

Dewan ini meminta kepada lembaga-lembaga internasional, masyarakat madani, partai-partai politik, dan ahli hukum supaya mengambil langkah untuk melawan serangan-serangan semacam ini.

Perlu diketahui, para militan kelompok teroris Al-Qa‘idah dan ISIS melakukan perusakan terhadap masjid-masjid Yaman melalui kerja sama dengan koalisi Arab Saudi.

(Shabestan/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: