Pesan Rahbar

Home » » Ilmu Pengobatan Islam Dalam Riwayat

Ilmu Pengobatan Islam Dalam Riwayat

Written By Unknown on Sunday 30 October 2016 | 23:06:00


Tidak ada riwayat dalam Fiqih sebanyak riwayat tentang pengobatan, saat ini terdapat 17 ribu riwayat yang menjelaskan tentang pengobatan, dan 11 ribu yang memiliki sanad telah dikumpulkan.

Demikian yang diucapkan Sayid Muhammad Ridha Jawadi yang merupakan peneliti pengobatan Islami saat menghadiri pertemuan ke-7 mengenai “mengenal pengobatan Islami” yang dilangsungkan di Qom.

Menurut beliau, saat dimana nabi Adam as diciptakan, Allah swt mengajarkan berbagai permasalahan kepadanya, dalam riwayat disebutkan bahwa saat nabi Adam as berada di bumi, Allah swt mengajarkan ilmu kedokteran dan perbintangan.

Pada hakikatnya kedokteran diajarkan oleh Allah swt kepada para nabi Ilahi melalui wahyu, ilmu kedokteran juga sudah ada di zaman nabi Daud as, ketika nabi Daud as sedang berdoa, ia melihat sebuah tanaman tumbuh di mihrabnya, nabi Daud as menjelaskan tentang khasiat dari tanaman tersebut, yang kemudian dibukukan menjadi sebuah kitab.

Di zaman para nabi Ilahi, setiap kali orang-orang terkena penyakit, mereka mendatangi nabi-nabi, dan meminta cara mengobati penyakitnya tersebut, sebagaimana cara pengobatan penyakit diajarkan kepada Rasulullah saww melalui perantara wahyu, jelasnya.

Lebih lanjut Sayid Jawadi menuturkan, lebih dari 470 ribu tanaman terdapat di bumi ini, dan sekitar 150 di antaranya dipakai sebagai pengobatan Islami.
Dalam pengobatan tradisional terdapat lebih dari seribu macam tanaman yang digunakan, namun dalam pengobatan Islami tanaman lainnya tidak disebutkan dalam riwayat, atau mungkin jika ada, riwayat tersebut tidak sampai kepada kita, akan tetapi 150 jenis tanaman yang terdapat dalam pengobatan Islami ini dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit.

(Shabestan/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: