Pesan Rahbar

Home » » Museum Koleksi Uang Kertas Terbaik

Museum Koleksi Uang Kertas Terbaik

Written By Unknown on Monday 17 October 2016 | 05:44:00


Uang kertas-uang kertas dengan aneka desain dan warna yang pernah digunakan di berbagai negara dunia, disimpan rapi di Museum Uang Kertas, Haram Suci Razavi.

Di bawah ini kita akan melihat beberapa uang kertas terbaik yang disimpan di Museum Uang Kertas, Haram Suci Razavi.


Uang kertas Satu Toman Era Qajar

Uang kertas bersejarah ini termasuk seri kedua uang kertas-uang kertas pertama Iran di masa dinasti Qajar yang dicetak oleh Bank Kerajaan Iran selama tahun 1303-1311 Hs di Inggris.

Desain muka uang kertas ini terdiri dari gambar Nasseruddin Shah Qajar dan gambar latar sebuah singa dan matahari. Nilai uang kertas ini adalah satu toman (mata uang Iran di era kerajaan) dan dibubuhi tandatangan Mouri (direktur bank sentral) dan Walter (kepala kantor pusat bank kerajaan Iran). Tulisan “Hanya bisa dibayarkan di Yazd” yang tertera di uang kertas itu menunjukkan bahwa si pemilik uang kertashanya bisa menukarkan uang kertas itu dengan koin-koin emas dan perak di salah satu cabang bank dimaksud di kota Yazd.


Uang kertas Jerman Bertanda “Surcharge” di Era PD I

Selama pecahnya Perang Dunia Pertama (1914-1918) pemerintah Jerman dengan maksud untuk mencegah terbentuknya aliansi militer Rusia dan Inggris di Timur Tengah, menandatangani kesepakatan dengan kaum revolusioner Iran di Hamedan dan Kermanshah untuk memberi bantuan cuma-cumadalam bentuk uang kertas yang saat itu beredar di Jerman dengan pecahan 5-1000 Mark Jerman. Namun karena di masa itu masyarakat Iran tidak mengenal mata uang dan bahasa Jerman, dan tidak mengetahui nilai tukar setiap lembar uang kertas tersebut, pemerintah Jerman menakar nilai tukar Mark dengan emas dan perak, dan biaya pertukarannya dibayar olah uang yang beredar saat itu di Iran yaitu Qeran, Shahi dan Toman, dan di atas uang kertas itu terdapat cap warna merah.


Uang kertas 1000 Riyal Bank Nasional Iran

Uang kertas ini dicetak di Amerika Serikat di era dinasti Pahevi pertama (1304-1320 Hs) pada bulan Farvardin 1317 Hs atas permintaan Bank Nasional Iran, dan di terbitkan di Iran. Uang kertas bernilai 1000 riyal ini termasuk uang kertas bersejarah Iran yang di bagian muka dan belakangnya dihiasi dengan gambar Nimrokh Shah dan Gunung Damavand. Para pendandatangan uang kertas bernilai setara dengan 10 koin emas Pahlevi itu, adalah Reza Qoli Amir Khosravi (Direktur Bank Nasional Iran) dan Abdolhossein Hajir (inspektur pemerintah).


Uang kertas 10 milyar dolar Zimbabwe

Uang kertas ini diterbitkan pada tahun 2008 oleh Bank Sentral Zimbabwe. Gambar muka dan belakang uang kertas itu adalah batu Chiremba, bendungan dan lokasi tambang. Angka nominal uang kertas Zimbabwe mulai dari satu sen sampai 100 trilyun dolar. Uang kertas 10 milyar dolar Zimbabwe adalah angkat nominal tertinggi dari seluruh koleksi uang kertas yang ada di museum ini, namun nilainya hanya sekitar 2,2 dolar saja.


Uang kertas 50 Toman Kubu Demokrat Azerbaijan

Uang kertas ini adalah seri uang kertas-uang kertas kubu Demokrat Azerbaijan yang mengumumkan kemerdekaan di bawah kepemimpinan Sayid Jafar Pisheravi pasca berakhirnya Perang Dunia Kedua dan kehadiran pasukan Uni Soviet di wilayah-wilayah Barat Laut Iran dan mencetak serta mengedarkan surat-surat berharga termasuk uang kertas. Kalimat “Azerbaijan Melli Hokumatin Khazane Darliq Sanadi” dan “Elli Toman” tampak di empat sudut uang kertas itu juga tandatangan Bendahara dan Menteri Keuangan.


Uang kertas 10.000 Riyal Bank Sentral Iran dengan Cap Contoh

Pasca kemenangan Revolusi Islam Iran, seluruh uang kertas rezim sebelumnya yang dihiasi gambar Shah dan latar bergambar singa dan matahari, dicetak dengan Sucharge (memiliki tanda penambahan nilai setelah pergantian rezim) dan diedarkan. Seri pertama, kedua dan ketiga uang kertas itu masing-masing diedarkan, akan tetapi pada seri keempat, gambar kubah Makam Suci Imam Ridha as menghiasi muka uang kertas menggantikan gambar Shah. Uang kertas 1000 riyal bergambar kubah Makam Suci Imam Ridha as dan pemandangan luar Haram Suci Razavi serta pintu gerbang gedung Majelis Syura Nasional lama di belakangnya, adalah salah satu contoh uang kertas seri keempat yang diterbitkan pasca kemenangan Revolusi Islam Iran yang ditandatangani oleh Ai Ardelan, Menteri Ekonomi dan Keuangan, dan Mohammad Ali Molavi, Direktur Bank Sentral Iran, dengan cap contoh dan nomer seri 000000 dicetak pada tahun 1359 Hs dengan maksud untuk mengkaji ulang desain dan warna serta pengesahan akhir. Tulisan Sucharge “Republik Islam Iran” dan logo “Revolusi Islam” terlihat di gambar latar uang kertas tersebut.

(Astan-News/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: