Pesan Rahbar

Home » » Berbuat Yang Pasti Terhadap Agama, Kebutuhan Masyarakat Saat Ini

Berbuat Yang Pasti Terhadap Agama, Kebutuhan Masyarakat Saat Ini

Written By Unknown on Tuesday 13 December 2016 | 04:42:00


Sebuah masyarakat yang menyebut diri mereka sebagai muslim dan mereka berkomitmen untuk agama Islam, maka mereka harus lebih memiliki sifat adil dari masyarakat yang lainnya.

Shabestan News Agency melaporkan dari Isfahan, Hujjatul Islam Muhammad Ilahi menjelaskan dari Rasulullah saww bahwasanya tujuan utama dari pengutusan beliau saww ialah untuk menyempurnakan akhlaq. Dalam sebuah hadits, Imam Ali as juga berkata “berlaku adil adalah penyempurnaan akhlaq yang terbaik.”

Salah satu hal utama yang dibutuhkan masyarakat saat ini ialah perlakuan adil, dalam surat An-Nahl ayat 90 disebutkan bahwa “Sesungguhnya Allah menyuruh (kamu) berlaku adil dan berbuat kebajikan”, sangat jelas ayat ini memerintahkan kita untuk berlaku adil sebagaimana yang diriwayatkan dalam hadits di atas.

Beliau menambahkan, “berlaku adil” di sini bermakna kita jangan memperlakukan orang lain dengan apa yang tidak kita suka jika ingin orang lain memperlakukan kita dengan apa yang kita suka.

Seperti halnya Imam Ali as dalam wasiatnya tentang hukum qishas bagi pembunuh beliau as. Imam as berkata “ia telah memukulku dengan satu pukulan, kalian juga harus melakukan satu pukulan terhadapnya sehingga keadilan bisa ditegakkan, dan kalian bisa mencontohkannya kepada semua orang.”

Hujjatul Islam Muhammad Ilahi lebih lanjut menyampaikan, sebuah masyarakat yang menyebut diri mereka sebagai muslim dan mereka berkomitmen untuk agama Islam, maka mereka harus lebih memiliki sifat adil dari masyarakat yang lainnya.

Sebagian oknum dari masyarakat secara zahir mereka menampilkan perhatiannya terhadap agama, akan tetapi mereka tidak memberlakukan keadilan terhadap hak-hak orang lain, dan bahkan dampak dari perbuatan yang mereka lakukan terhadap agama lebih mematikan dan berdampak dari pada apa yang dilakukan musuh-musuh agama dan orang-orang kafir, pungkasnya.

(Shabestan/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: