Pesan Rahbar

Home » » Pesan Imam Ali as Kepada Imam Hasan as Tentang Muhasabah Diri

Pesan Imam Ali as Kepada Imam Hasan as Tentang Muhasabah Diri

Written By Unknown on Thursday 19 January 2017 | 14:14:00


Kepada Imam Hasan as Imam Ali as menuliskan “segerakanlah kesempatan yang ada sebelum engkau dirundung kedukaan dan kesedihan.”

Shabestan News Agency, salah satu langkah untuk mendekatkan diri kepada Allah swt ialah dengan cara bermuhasabah atau mengevaluasi diri, yakni manusia setiap harinya harus menentukan waktu khusus sehingga pada waktu tersebut ia bisa melakukan evaluasi terhadap dirinya, tentang apa yang sudah ia lakukan dan belum dilakukan, ketaatan yang ia lakukan atau kemaksiatan yang perbuat.

Dalam sebuah khutbahnya Imam Ali as mengatakan “Wahai, hamba-hamba Allah, timbanglah diri Anda sebelum Anda ditimbang, dan perhitungkanlah diri Anda sebelum Anda diperhitungkan. Bernafaslah sebelum lemasnya tenggorokan. Taatlah sebelum Anda digiring dengan kasar. Ketahuilah bahwa apabila orang tidak menolong dirinya dalam bertindak sebagai penasihat dan pemberi peringatan bagi dirinya sendiri maka tiada orang lain yang dapat (dengan efektif) menjadi penasihat dan pemberi peringatan baginya.”

Dalam sebuah pesannya kepada puteranya yaitu Imam Hasan as, Imam Ali as menuliskan “segerakanlah kesempatan yang ada sebelum engkau dirundung kedukaan dan kesedihan.”

Kemudian Imam Ali as berpesan kepada Imam Hasan as “Wahai anakku, jadikanlah dirimu ukuran (untuk berurusan) antara engkau dan orang lain. Maka, engkau harus memperlakukan orang lain sebagaimana engkau memperlakukan dirimu sendiri, dan bencilah untuk orang lain apa yang engkau benci untuk dirimu sendiri.”

(Shabestan/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: