Pesan Rahbar

Home » » Akhirnya, Anies-Sandi Berubah Lagi Soal DP Nol Persen. Sekarang Jadi Begini!

Akhirnya, Anies-Sandi Berubah Lagi Soal DP Nol Persen. Sekarang Jadi Begini!

Written By Unknown on Wednesday 22 February 2017 | 13:58:00


Calon Gubernur DKI Anies Baswedan dan Wakilnya, Sandiaga S Uno berbicara soal program rumah tanpa uang muka (down payment/DP).

Ditemui di sela-sela acara syukuran ulang tahun Raffi Ahmad dan Nagita Slavina, Sandiaga membeberkan secara rinci perihal program pembiayaan perumahannya yang diperkenalkan dengan nama program perumahan DP 0% yang belakangan diralat menjadi DP 0 rupiah.

“Skema ini mengharuskan yang ingin mendaftar dan ikut qualified di program ini harus menabung dulu. Kita akan hitung lagi mungkin 6 sampai 12 bulan,” kata Sandiaga ditemui dalam kesempatan tersebut Sabtu (18/2/2017).

Sandi menjelaskan, nilai tabungan yang diiur atau dicicil selama 6-12 bulan tersebut akan dihitung setara dengan nilai uang muka perumahan alias DP Kredit Pemilikan Rumah (KPR) yang diajukan kepemilikannya.

“Kita akan lihat menabungnya berapa dan kuatnya seperti apa cicilannya, termasuk juga skema DP model seperti apa?” jelas dia.

Dengan cara ini, tambah dia lagi, maka tidak ada DP yang harus dibayar karena dana untuk DP tersebut akan dipenuhi dari tabungan masyarakat yang dihimpun selama 6-12 bulan tersebut.

Dalam kesempatan yang sama, Anies dengan percaya diri mengatakan bahwa programnya tidaklah melanggar aturan pembiayaan perumahan yang ada. Semuanya sudah sesuai dengan aturan yang ada.

Padahal sebelumnya, Anies meralat kalau yang dimaksud DP nol persen memang tidak ada. Kalau untuk pembayaran cicilannya barulah memang ada persenannya.

Masyarakat yang ingin membeli rumah diminta menabung selama 6 bulan di Bank DKI. Tabungan selama 6 bulan itulah yang akan dijadikan DP yang nilainya mencapai 10 persen.


Nah bagaimana menurut anda?

(Kaskus/Info-Teratas/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: