Pesan Rahbar

Home » » Ayatullah Muhammadi Ray Syahri: Orang Takwa Yakin Akan Akhiratnya

Ayatullah Muhammadi Ray Syahri: Orang Takwa Yakin Akan Akhiratnya

Written By Unknown on Thursday 23 February 2017 | 21:06:00


Ayatullah Muhammadi Ray Syahri dalam sebuah ceramah tentang tafsir surat Albaqarah mengatakan bahwa orang-orang takwa sangat yakin dengan hari akhiratnya sebagaimana dijelaskan dalam Alquran.


Orang Takwa Yakin akan Akhiratnya

Dalam ceramah yang dilangsungkan Selasa lalu di Atabah Abdul Azim Hasani As itu, Ayatullah Ray Syahri menjelaskan setidaknya terdapat empat makna dari kata yakin, diantaranya adalah lawan dari ragu-ragu dan yang menyebabkan hilangnya ragu itu adalah dengan memperoleh ilmu. Namun yakin itu sendiri tidak didahului oleh ragu-ragu.

Sedangkan makna yakin kedua, jelas dia, adalah keyakinan yang dihasilkan melalui dalil dan argumentasi akal. Adapun makna lainnya adalah ketika pikiran mental manusia mengetahui tentang ada dan tiadanya sesuatu walaupun kita terkadang tidak mampu menjangkaunya secara sempurna.

Ayatullah Ray Syahri yang juga wakil tim ahli kepemimpinan (Majlis Khabregon Rahbari) itu juga menjelaskan bahwa tafsir ilmu dengan yakin terdapat pada beberapa kondisi, seperti manusia mengetahui siang dan malam dengan yakin. Pengetahuan disini juga bermakna yakin.

“Setiap yakin adalah ilmu tapi tidak semua ilmu itu yakin” kata dia.

Imam Khomeini terhadap masalah ini, jelas Ayatullah Ray Syahri, pernah mejelaskan bahwa dalam sebagian kondisi manusia mengetahui tentang sesuatu namun dia tidak yakin dengan itu. Dan ketika ilmu itu masuk ke dalam hati manusia, maka pada saat itulah ia sampai ke makam yakin.

Karena itu, jelas dia, Iman manusia adalah saat ia masuk ke dalam hati yang dimantapkan dengan amalan dan ucapan lisan. Dengan itu ia akan sampai kepada yakin.

(Shabestan/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: