Pesan Rahbar

Home » » Rusia Panggil Duta Israel di Moskow Berkenaan Serangan Udara di Suriah

Rusia Panggil Duta Israel di Moskow Berkenaan Serangan Udara di Suriah

Written By Unknown on Saturday 18 March 2017 | 15:39:00

Israeli Ambassador to Moscow Gary Koren (L) presents his credentials to Russian President Vladimir Putin at the Kremlin.

Rusia telah memanggil duta besar Israel ke Moskow untuk klarifikasi setelah pesawat tempur Israel melanggar wilayah udara Suriah dan melakukan sejumlah serangan udara di wilayah negara Arab itu.

Media Israel mengatakan Gary Koren dipanggil oleh Kementerian Luar Negeri Rusia pada hari Jumat (17/3), sehari setelah utusan Israel itu menyajikan surat kepercayaan kepada Presiden Rusia Vladimir Putin.

Pada hari Jumat (17/3), tentara Suriah mengumumkan dalam sebuah pernyataan bahwa jet tempur Israel "menembus" wilayah udara Suriah melalui wilayah Lebanon dan "menghantam sasaran militer dalam perjalanan ke Palmyra". Pernyataan itu menambahkan bahwa pertahanan udara tentara Suriah menembak jatuh satu pesawat dan menghantam yang lain.

Israel telah melancarkan serangan udara terhadap sasaran pangkalan Suriah di banyak kesempatan, tetapi jarang mengakui serangan. Pada hari Jumat (17/3), bagaimanapun, militer Israel mengakui bahwa jet mereka membom beberapa target di Suriah.

Dalam sebuah pernyataan untuk membenarkan operasi provokatif, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengklaim bahwa militer Israel telah menargetkan konvoi gerakan perlawanan Libanon, Hizbullah, di Suriah.

"Ketika kami mengidentifikasi upaya-upaya untuk mentransfer senjata canggih kepada Hizbullah - ketika kita memiliki intel dan unit operasional - kita bertindak untuk mencegahnya. Itulah cara kami bertindak dan bagaimanapun kami akan terus bertindak ... dan semua orang perlu mempertimbangkan hal ini," kata Netanyahu pada hari Jumat (17/3).

Gerakan perlawanan Hizbullah, telah berjuang menangkis beberapa serangan Daesh di Lebanon, menuduh Israel mendukung teroris Takfiri yang beroperasi di Timur Tengah. Hizbullah juga telah memberikan bantuan kepada pasukan tentara Suriah dalam perjuangan mereka melawan Daesh dan kelompok teroris lainnya yang didukung asing di Suriah.

(Islam-Times/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: